Faktual dan Berintegritas


PADANG - PLN UIW Sumbar mengirimkan bantuan genset mobile untuk meminimalisir pemadaman di sebagian wilayah Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci, Jambi. Pemadaman pada Sabtu (9/3) tersebut terjadi akibat robohnya tower transmisi pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) Bangko-Sungai Penuh.

Menurut hasil penelusuran petugas PLN di lapangan, robohnya tower transmisi disebabkan oleh longsor yang terjadi di puncak bukit  wilayah Penetai, Muara Amat. Longsor tanah tersebut telah mengakibatkan beberapa pohon besar menimpa kabel jaringan SUTT di lokasi sehingga robohnya tower penyangka kabel tidak terelakkan dan pasokan listrik menjadi terputus. Besaran beban padam akibat kejadian ini adalah sekitar 13,3 MW.

Menanggapi hal tersebut, PLN telah mengupayakan recovery maksimal untuk meminimalisir padam dengan melakukan manuver suplai melalui pembangkit swasta IPP seperti PLTMH yang berada disekitar lokasi. Tidak hanya itu, bantuan berupa genset mobile juga diberikan oleh PLN UIW Sumbar agar upaya recovery berlangsung lebih cepat dan maksimal.

Adapun genset mobile yang disiapkan oleh PLN UIW Sumbar adalah sebanyak 7 unit, dengan rincian sbb; PLN UP3 Padang sebanyak dua  unit dengan daya 100 kW dan 60   kW, PLN UP3 Bukittinggi dua unit dengan daya 100 kW dan 65 kW, PLN UP3 Solok dua unit dengan daya 65 kW dan 50 kW, dan satu unit dari PLN UP3 Payakumbuh dengan daya 72 kW. Total daya mampu yang diberikan genset tersebut sekitar 512 kW.

GM PLN UIW Sumbar, Bambang Dwiyanto, menyampaikan, tim PLN UIW S2JB sudah berada di lokasi untuk memeriksa serta memperbaiki kondisi jaringan. PLN S2JB juga telah melakukan upaya penormalan listrik dengan menggunakan suplai listrik dari sistem Solok Selatan. Tidak terhenti disitu, PLN unit lain yang berada disekitar juga memberikan bantuan demi pulihnya sistem kelistrikan di Sungai Penuh.

“PLN UIW Sumbar melakukan upaya pengiriman genset dari seluruh UP3 di bawah PLN UIW Sumbar yaitu Padang, Bukittinggi, Solok dan Payakumbuh, guna membantu mendukung sistem kelistrikan di lokasi yang bermasalah. Semoga kelistrikan di lokasi tersebut cepat pulih sehingga masyarakat dapat kembali menjalankan aktifitas dengan normal dan lancar,” ujar Bambang.

Saat ini upaya recovery terus berlangsung. "Info terakhir yang saya peroleh manuver beban telah dilakukan sehingga listrik di beberapa daerah sudah kembali normal. Namun genset nanti akan lebih memaksimalkan upaya pemulihan listrik," lanjut Bambang.

Genset-genset tersebut akan dioperasikan pada lokasi-lokasi vital yang membutuhkan pasokan listrik dengan segera.

PLN berupaya maksimal untuk mempercepat proses pemulihan listrik sehingga tower yang roboh dapat diperbaiki dan beroperasi kembali dan suplai listrik dapat pulih total. Kami mengharapkan dukungan dan pertisipasi dari seluruh masyarakat terutama terkait lokasi penempatan tower nantinya. (Rel)
 
Top