Faktual dan Berintegritas



SOLOK - Liga Desa Nusantara (LDN) 2019 tingkat Kabupaten Solok resmi dimulai. Kegiatan itu dibuka  Bupati Solok diwakili Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga setempat, Zulkisar  Rabu (24/7), di Lapangan Harimau Data, Nagari Talang, Kecamatan Gunung Talang.

Hadir pada acara pembukaan LDN tersebut antara lain Koordinator Liga Desa Nusantara Wilayah Sumbar,  Renol Fadli,  pengurus KONI Kabupaten Solok,  Sekum PSSI Kabupaten Solok, Sofriwandy NR,  Ketua Panitia pelaksana, Hendra Setia Gunawan, walinagari Talang, menejer dan pelatih serta para pemain dari 16 nagari.

Dalam laporannya,  Ketua Panitia Pelaksana, Hendra Setia Gunawan, menyampaikan LDN 2019 tingkat Kabupaten Solok,  hanya diikuti oleh 16 nagari dari 74 nagari di Kabupaten Solok. Karena hanya sebanyak 16 nagari itulah yang diberi jatah oleh panitia provinsi.

"Sebenarnya kami di Kabupaten Solok ada 74 nagari,  namun karena petunjuk dari panitia provinsi hanya ada 16 nagari yang ikut,  jadi terpaksa kami memilih nagari yang cepat mendaftar ke panitia. Meski usai dilakukan screening dan undian pertandingan, sangat banyak nagari yang protes lantaran nagarinya tidak ikut," terang Hendra Gunawan.

Koordinator Liga Desa Nusantara Wilayah Sumatera Barat,  Renol Fadli dalam sambutannya menyebutkan, Kabupaten Solok termasuk salah satu dari 5 kabupaten di Sumbar yang ditunjuk untuk menggelar turnamen sepakbola nasional Usia 18-19. Turnamen itu diberi nama LDN  yang ditabuh oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Kemendes PDTT).

Menurut Renol Fadli, tujuan turnamen tersebut adalah untuk mencari dan melahirkan bibit-bibit pemain handal yang ada di desa atau nagari yang belum tersalurkan agar bisa dipantau oleh tim pencari bakat. "Nantinya para juara dari seri kabupaten se-Sumbar akan bertarung berebut satu tiket di tingkat Provinsi, yakni sekitar tanggal 17 hingga 24 Agustus 2019. Juara Liga Desa Nusantara asal Sumbar,  otomatis akan  mewakili provinsi ke seri nasional tanggal 23-27 September di Jawa Timur," sebut Renol Fadli.

Di Sumbar, turnamen LDN 2019 akan berlangsung pada  6 daerah, yakni di Solok, Limapuluh Kota, Tanah Datar, Padang Pariaman, Kota Pariaman dan Kabupaten Pesisir Selatan. Pelaksanaannya dimulai bulan Juli hingga Agustus mendatang.

Untuk Kabupaten Solok,  Koordinator LDN Provinsi Sumbar menunjuk Nagari Talangsebagai tuan rumah. "Kami bersama panitia Sumbar,  sudah mensurvey beberapa lapangan sepakbola nagari bersama Sekretaris Askab PSSI Kabupaten Solok Bapak Wandy,  seperti di Jorong Lambah Nagari Air Batumbuk,  lapangan di Nagari Batang Barus dan Talang. Di Talang inilah yang kami anggap lebih layak," sebut Renol.

Bupati Solok,  yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok, Zulkisar dalam sambutan pembukaannya menyampaikan apresiasi kepada koordinator LDN Sumbar dan panitia LDN Kabupaten Solok yang sudah bekerja maksimal agar LDN 2019 ini terselenggara dengan baik.  "Saya percaya bahwa ajang Liga Desa Nusantara ini sangat banyak peminatnya. Tetapi karena nagari peserta hanya dibatasi sebanyak 16 nagari,  hal ini tentu akan membuat panitia kerepotan untuk menentukannya. Tetapi kalau bisa,  tahun depan pesertanya bisa ditambah menjadi seluruh nagari," harap dia.

Sebelumnya Walinagari Talang, yang diwakili Sekretaris Nagari, Martadinata, mengaku bangga nagarinya ditunjuk sebagai salah satu tempat pelaksanaan Liga Desa Nusantara ini. "Yang pasti kami atas nama masyarakat Talang,  menyampaikan terima kasih kepada panitia Sumbar yang sudah menunjuk Nagari Talang sebagai tuan rumah," ujar Marfes Boy Felly.

LDN 2019 di Kabupaten Solokitu akan berlangsung hingga 4 Agustus mendatang.
Usai pembukaan,  langsung dilakukan pertandingan perdana antara Nagari Talang dengan Nagari Surian,  Kecamatan Pantai Cermin. Pertandingan tersebut dimenangkan oleh tuan rumah Talang dengan skor 3-1. Sedangkan pada pertandingan kedua, yang berhadapan antara Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti dengan Nagari Singkarak, Kecamatan X Koto Singkarak, dimenangkan oleh Sungai Nanam 3-0.

Adapun 16 Nagari yang ikut LDN 2019 Kabupaten Solok itu adalah Nagari Talang,  Sumani,  Koto Gaek Guguak,  Kinari,  Muara Panas,  Singkarak,  Surian,  Salayo,  Salimpek, Alahan Panjang,  Sungai Nanam,  Simpang Tanjung Nan Ampek,  Talang Babungo,  Sulit Air,  Panyinggahan dan Air Batumbuk. (sl)
 
Top