Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus disaksikan Wakil Ketua Bidang Pendidikan Sawir Pribadi menerima draft kerja sama dari Ketua Prodi Komunikasi Unidha, Najmuddin M Rasul. (ist)


PADANG - Universitas Dharma Andalas (Unidha)  Padang, jajaki kerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar. Penjajakan itu diawali dengan pertemuan di kantor PWI, Jalan Bapindo Azis Chan, Padang, Selasa (30/7).

Kerja sama  itu dimaksudkan untuk pengembangan program studi (Prodi) Komunikadi di Unidha. Sebab, saat ini program tersebut perlu ditingkatkan lantaran tuntutan perkembangan teknologi informasi yang kian pesat ditandai dengan maraknya bertumbuh media online.

Kedatangan tim Ini dia tersebut dipimpin  Ketua Prodi Ilmu Komunasi, Najmuddin M. Rasul,PhD, Dosen Ilmu Komunikasi, Indria Flowerina, dan beberapa dosen lainnya. Mereka disambut Ketua PWI Sumbar, H. Heranof Firdaus, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Sawir Pribadi, Wakil Ketua Bidang Organisasi Eko Yanche Edrie, Wakil Sekretaris, Sukri Umar dan Nita Indrawati Arifin. Juga  hadir unsur Dewan Kerhormatan Provinsi (DKP), Zulnadi dan Edi Jarot.

Menurut Najmudin, Unidha telah empat tahun membuka prodi ilmu komunikasi. Untuk lebih memaksimalkan prodi tersebut, pihaknya berkeinginan menjalin kerja sama dengan PWI.

Kerja sama yang dimaksudkan, PWI dapat menfasilitasi tenaga pengajarnya mata kuliah jurnalistik. "Unidha sudah empat tahun membuka prodi ilmu komunikasi, saat ini ada 80 mahasiswa," ujarnya.

Adanya keinginan Unidha untuk bekerja sama dengan PWI disambut baik oleh Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus. Ke depan Unidha diharapkan melahirkan alumni yang terampil khususnya di bidang jurnalistik.

Menurut Heranof,  mata kuliah bidang jurnalistik harusnya memang diajarkan para praktisi, agar ilmu jurnalistik tidak sebatas teori saja, melainkan harus dipraktikkan. "Saya ibaratnya sarjana renang, bila tidak bisa renang, ketika masuk air, ya terbenam. Artinya dunia jurnalistik ini tidak bisa teori saja, tapi harus dipraktikkan di lapangan," katanya.

Sebagai bentuk keseriusan kedua belah pihak dalam waktu dekat akan melakukan penandatanganan kerja sama. (P)

 
Top