Suasana Silatnas IKA Unand di Medan, Sabtu lalu

MEDAN -- Ikatan Alumni Universitas Andalas (IKA Unand) melaksanakan silaturahmi nasional (Silatnas), sekaligus rapat kerja nasional (Rakernas) di Medan, Sabtu (6/7) lalu. Kegiatan itu berlangsung sukses, dihadiri alumni Unand dari seluruh Indonesia, khususnya yang sudah membentuk kepengurusan daerah (DPD).

Jumat (5/7) malam para alumni yang sudah berdatangan dari Surabaya, Jakarta, Lampung, Riau, Kepri, Kalbar dan Sumbar khususnya, dijamu makan durian "Si Bolang" oleh tuan rumah DPD IKA Unand Sumut. Kedatangan alumni itu melalui darat, laut dan udara.

"Pokoknya selama pelaksanaan silaturahmi, Medan diserbu alumni Unand dari darat, laut dan udara. Dan ghirohnya sudah menyamai 212," ujar Adrian Tuswandi, alumni Fakultas Hukum, saat ini menjabat Ketua KI Sumbar, berseloroh karena melihat antusiasnya alumni hadir di Medan.

Sementara dalam sambutannya, Ketua Umum DPP IKA Unand Asman Abnur menyampaikan rasa bangganya melihat semakin kuatnya hubungan silaturahmi di antara sesama alumni Unand dimana pun berada. "Ketika alumni (Unand) bersatu, apapun bisa didapatkan," ucapnya.

Sampai wisuda terakhir jumlah alumni Unand sebanyak 131.628 orang. "Potensi alumni yang besar itu, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk almamater, daerah, nusa dan bangsa. Makanya memperkuat silaturahmi itu sangat penting," ujar mantan Menteri PAN-RB yang berhasil lolos menjadi Anggota DPR RI di Pileg 2019 kemaren.

Dalam rangkaian acara, diadakan juga diskusi kebangsaan dengan membahas perekonomian Indonesia pasca-pemilu, perang dagang dan Revolusi Industri 4.0. Jadi narasumber mantan Menteri Bappenas Andrinof Chaniago, Dekan FE dan Bisnis UI Ari Kuncoro, dan Pakar Ekonomi / Guru Besar Unand Prof. Syafruddin Karimi.

Dari diskusi kebangsaan yang dilaksanakan itu, hasilnya akan diberikan rekomendasi-rekomendasi ke pihak terkait, termasuk ke Presiden RI. "Sudah disiapkan tim perumus untuk membuat rekomendasi, dan acara diskusi ini rencananya berlanjut ke daerah," sebut panitia Ilhamsyah Mirman.

Disampaikan Ilham, di samping penggodokan program kerja jangka pendek setahun ke depan, rakernas juga memutuskan tuan rumah berikutnya, yakni Lampung. Biasanya pelaksanaan dilakukan bergilir, sebelum ini pernah di Jakarta, Batam, Pekanbaru, Surabaya dan Bandung.

Turut hadir di Medan, Wakil Rektor III Unand Prof. Hermansah, Ketua Harian DPP IKA Unand Surya Tri Harto, Wakil Ketua Shadiq Pasadique dan Prof. Masrul, serta Sekjen Prof. Reni Mayerni yang baru saja dilantik menjadi salah seorang deputi di Lemhanas. (R)
 
Top