Halal bihalal warga Blok H Manggis, Perumnas Belimbing. (eSPe)

PADANG - Pertama di Kota Padang. Warga Blok H Manggis  Perumnas Belimbing, menyelenggarakan halal bihalal seusai Shalat Subuh.

Kegiatan itu dilaksanakan di Masjid  Muhajirin setempat, Minggu (23/6) dan dihadiri ratusan warga. Acara diisi dengan tausyiah yang berisikan pentingnya menjaga silaturahmi disampaikan Ustaz Effendi Rasyid.

Dalam tausyiahnya seusai Shalat Subuh berjamaah, Ustaz Effendi Rasyid mengingatkan masyarakat, setiap individu tidak bisa hidup sendiri. Sehebat dan sekaya apapun seseorang, pasti tidak bisa sendiri. "Orang kaya, ketika nan mobilnya bocor, butuh tukang tambal. Untuk itu jaga silaturahmi dengan mereka," pinta Effendi mencontohkan.

Karena itu, silaturahmi perlu dijaga dan ditingkatkan, terutama dalam lingkungan masing-masing. "Seorang yang sukses dan kaya, punya anak di setiap pulau misalnya, ketika terjadi musibah pada dirinya pasti yang pertama membantu adalah tetangga. Karenanya jangan abaikan tetangga,  mari kuatkan silaturahmi," ujar dia lagi.

Di samping menjaga dan meningkatkan silaturahmi, yang terpenting lagi adalah meningkatkan amal ibadah. Setelah sebulan penuh menjalani latihan dengan puasa dan ibadah lainnya, maka perlu ditingkatkan. "Syawal bulan peningkatan amal. Jangan sampai masjid dan mushalla lengang," katanya.

Ketua Pengurus Masjid Muhajirin, Blok H Manggis, Ustaz Epi Santoso menyebutkan,  halal bihalal ini yang pertama kali diselenggarakan pada subuh hari. "Biasanya kita halal bi halal siang hari, maka kali ini berdasarkan hasil rapat pengurus, kita laksanakan subuh. Ini pun pertama di Kota Padang," ujar dia.
 Selain ceramah agama, silaturahmi, kegiatan halal bi halal dimaksud diisi juga dengan ibadah Shalat Syuruq dan Dhuha. Acara ditutup dengan sarapan pagi bersama.

Tak hanya itu, pengurus sekaligus membuka pendaftaran untuk peserta quran 1440 H. Dalam beberapa menit saja, terhimpun peserta quran sebanyak 28 orang.  "Insyaallah sampai penutupan pendaftaran nanti kita bisa himpun lebih seratus orang," kata Ustaz  Epi. (P)
 
Top