Kendaraan dan masyarakat terjebak macet akibat longsor di Aie Dingin.

ALAHAN PANJANG - Ruas jalan Lubuk Selasih-Muaro Labuah tertutup longsor di Jorong Kayu Aro, Nagari Aie Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Selasa (5/2) malam. Akibatnya, jalan tersebut tak bisa dilewati kendaraan bermotor.

Informasi yang diterima swapena, longsor yang menimbun badan jalan terjadi sekitar pukul 20:00. Sampai berita ini ditulis, belum ada bantuan alat berat untuk menyingkirkan material longsor tersebut.

"Jalan benar-benar tertutup. Lalu lintas dari Muaro Labuah ke Solok atau Padang dan sebaliknya terhenti. Motor pun tidak bisa lewat," kata Kasi Pemerintahan Nagari Aie Dingin, Miftahul Qalbi melalui aplikasi whatsApp-nya sebagaimana dikutip surat kabar Singgalang.

Menurut dia, pasca hujan lebat yang disertai angin kencang sejak sore, kondisi tanah di pinggir jalan raya menjadi labil. Kondisi itu memicu terjadinya longsor berupa tanah liat menutupi badan jalan sekitar 7 meter dengan ketinggian tumpukan tanah mencapai 2 meter. "Akses jalan terhambat, tidak dapat dilalui kendaraan sampai sekarang," ulasnya.

Masyarakat setempat berupaya membantu menyingkirkan material longsor dengan peralatan apa adanya. Namun karena cuaca hujan, tak bisa berbuat banyak. "Kami masih  berupaya menghubungi Dinas PU kabupaten Solok dan Provinsi Sumbar agar segera mendatangkan alat berat ke lokasi untuk memindahkan material longsor ini," ujar Walinagari Aie Dingin, Patrizal. (R)

 
Top