Suasana jalur evakuasi selepas magrib

PADANG - Warga Kota Padang, sejak selepas Ashar tadi diguncang gempa berkali-kali. Dari sekian kali getaran, tiga kali dirasakan cukup besar.

Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat tiga kali gempa cukup besar itu terjadi pada pukul 16:03:10 dengan kekuatan 5,3 SR. Kemudian terjadi lagi pukul 16:27:33 dengan kekuatan 6,0 SR disusul pukul 17:59:28 juga dengan kekuatan 6,0 SR. Semua gempa tersebut berpusat dekat Mentawai

Dengan terjadinya berkali-kali gempa dan dirasakan cukup kuat, sebagian masyarakat melakukan penyelamatan diri ke kawasan yang lebih tinggi. Mereka khawatir adanya potensi tsunami.

Akibat ramainya masyarakat yang menuju tempat lebih aman mengakibatkan jalur evakuasi dari Alai menuju By Pass mengalami kemacetan pada beberapa titik.

Simpang Alai hingga Ampang terlihat volume kendaraan lebih ramai. Kemacetan juga dipicu antrean kendaraan mengisi BBM di SPBU kawasan Alai Timur.

Walau berkali-kali guncangan gempa, namun BMKG menyatakan tidak ada potensi tsunami. Ini cukup membantu masyarakat yang bisa memantau lewat ponsel.

Kepanikan lain dirasakan warga yang tengah beraktivitas di mal-mal. Mereka berebutan untuk lari keluar gedung.

"Saat gempa pertama tadi, tempat ini langsung lengang," ujar sejumlah pedagang dan pelayan di Plaza Andalas.

Di Transmart kepanikan juga terlibat. Pengunjung berbondong-bondong keluar lewat eskalator. (P)
 
Top