KOTO BARU - Kecelakaan beruntun terjadi di jalan lintas Solok-Padang, tepatnya di pendakian Batu Batupang, Nagari Koto Baru,  Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Rabu (27/2). Sedikitnya 7 unit mobil beragam jenis dan dua motor terlibat peristiwa kecelakaan yang terjadi sekira pukul 15.30.

Akibat kejadian itu tiga orang tewas dan sejumlah lainnya mengalami luka-luka hingga patah tulang. Baik korban meninggal maupun yang luka-luka dilarikan ke sejumlah rumah sakit, di Kabupaten dan Kota Solok.

Informasi yang dikumpulkan di tempat kejadian peristiwa (TKP), sekitar delapan orang korban dalam keadaan kritis langsung dilarikan ke rumah sakit RSUD Arosuka dan RSUD Mohammad Natsir di Kota Solok. Tiga orang dari delapan korban kecelakaan tersebut meninggal dunia

"Kepastian korban meninggal tiga orang,," sebut Kasatlantas Polres Solok Iptu Bayful Yendri.

Informasi yang diperoleh, korban yamg meninggal di RST Solok adalah Suarti Usti (63)  warga Kotobaru. Kemudian Nabila (15) Sungai Rotan Cupak serta Nanda Qadri (25) warga cupak meninggal saat dirujuk ke rumah sakit Padang.

Sementara korban yang mengalami luka berat lainnya  Listya Rani Devina (16) asal Bukit Suliti, Halfison (50) Payakumbuh, Tommy (22) warga Piladang, Chyntia Safitri (26) Koto Baru Solok, Ade Anggraini (26) Koto Baru Solok, Fauzia (56) Kayuaro Solok.

Informasi sementara, penyebab kecelakaan beruntun itu berawal dari truk tangki BBM yang diduga mengalami masalah dengan rem. Truk yang datangdari arah Padang menuju Kota Solok tersebut tanpa kendali di turunan itu, menyambar sejumlah kendaraan di depannya, termasuk sepeda motor serta kendaraan yang datang dari arah berlawanan, lantas meluncur ke sawah. Saking kuatnya benturan, kabin (bagian kepala) truk tangki terpisah dengan badannya.

Saksi mata menyebutkan, truk tangki bermuatan minyak  melaju kencang dari arah Kota Padang menuju Kota Solok. Saking kencangnya laju truk tangki tersebut awalnya menyenggol satu sepeda motor jenis honda beat yang berada di depannya. Selanjutnya menghantam mobil di depannya, lalu beruntun dengan Avanza dan sejumlah kendaraan lain.

Pekik dan jeritan menggema sore itu. Dalam sekejap, lokasi kejadian sudah dipenuhi oleh masyarakat yang hendak mengetahui peristiwa itu.

Masyarakat lain berupaya memberikan pertolongan dengan mengevakuasi para korban, lalu dilarikan ke rumah sakit.

Kapolres Solok AKBP Ferry Irawan S.Ik melalui Kapolsek Kubung AKP Afdimon yang langsung turun bersama petugas dari Sat Lantas Polres Solok masih sibuk mengurai kemacetan lalu lintas, juga melakukan evakuasi korban dengan sejumlah mobil Ambulance. (P)

 
Top