Faktual dan Berintegritas

Asnawi

PADANG -- Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumbar, Asnawi melantik enam Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) di wilayah Sumbar, Senin (3/6) di kantor kejati setempat. Enam Kajari itu adalah Kajari Padang, Kajari Bukittinggi, Kajari Dharmasraya, Kajari Sijunjung, Kajari Pesisir Selatan dan Kajari Tanah Datar.

Pejabat yang dilantik itu adalah Aliansyah sebagai Kajari Padang, Djamaluddin sebagai Kajari Bukittinggi, Ariana Juliastuty sebagai Kajari Dharmasraya, Rina Idawani sebagai Kajari Sijunjung, Muhammad Jafli sebagai Kajari Pesisir Selatan dan Anggiat T. Pardede sebagai Kajari Tanah Datar.

Dalam sambutannya Asnawi mengatakan, agar masing-masing pejabat baru ini melaksanakan tugas dan wewenang kejaksaan di daerah masing-masing, baik di bidang pembinaan, intelijen, pidana umum, khusus hingga perdata dan tata usaha negara.

Dia mengatakan, kajari mempunyai tugas yang tidak ringan, dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Oleh karena itu, hendaknya pejabat baru memahami tugas dan tanggung jawab sebaik-baiknya.

"Saya minta untuk segera pelajari dan kenali wilayah kerja masing-masing. Pahami budaya setempat, dan cara berfikir dan bertindak hendaknya dapat diiringi dengan kearifan lokal," kata Asnawi.

Selain kajari, pada kesempatan itu Asnawi juga melantik Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Kejati Sumbar yang kini dijabat Futin Helena Laoli, Asisten Pengawasan Kejati Sumbar yang kini dijabat Hari Wibowo, dan dua Koordinator pada Kejati Sumbar, yaitu Adhi Setyo Prabowo dan Lasargi Marel.

Asnawi menyampaikan, pelantikan dan serah terima jabatan yang diselenggarakan Senin kemarin merupakan tindak lanjut dari program mutasi pada institusi kejaksaan, yang jadi sarana manajemen untuk pengkaderan pemimpin dalam organisasi kejaksaan. (wy)

 
Top