Faktual dan Berintegritas


DHARMASRAYA - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Barat baru saja meresmikan listrik desa untuk Jorong Lubuk Labu, Kabupaten Dharmasraya,  Rabu (21/11). Sesuai dengan temanya "Menerobos Rimba Memberi Cahaya" PLN Sumbar berhasil melistriki 58 pelanggan yang berdomisili di daerah tersebut. 

Peresmian dihadiri Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN, Wiluyo Kusdwiharto, Executive Vice President Pengembangan Regional Sumatera PLN, Budi Pangestu, General Manager PLN, UIW Sumbar Susiana Mutia beserta jajaran management PLN UIW Sumbar, UP3 Solok dan ULP Sitiung. 

Tidak hanya internal PLN, acara juga dihadiri oleh  Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan beserta Forkopimda setempat, Walinagari Banai, Walijorong Lubuk Labu dan Sungai Limau, serta diramaikan pula ratusan masyarakat yang antusias terhadap masuknya listrik dari PLN.
General Manager PLN UIW Sumbar, Susiana Mutia, dalam laporannya mengatakan progres kelistrikan di Kabupaten Dharmasraya khususnya di daerah Jorong Lubuk Labu merupakan salah satu prioritas PLN UIW Sumbar.

"Kami sudah menargetkan untuk rasio desa berlistrik 100% pada tahun 2018 ini. Alhamdulillah, satu per satu target tersebut terpenuhi. Saat ini akhirnya sebanyak 58 pelanggan baru di jorong Lubuk Labu dan Sungai Limau siap menikmati listrik PLN," ucap Susiana.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN, Wiluyo Kusdwiharto menjelaskan bahwa program listrik desa di Regional Sumatera terus menunjukkan hasil yang menggembirakan.

"PLN terus menggenjot progres pembangunan jaringan listrik disetiap daerah hingga pelosok sekalipun sebagai upaya untuk meningkatkan rasio elektrifikasi khususnya di Dharmasraya. Saya sampaikan bahwa hingga November 2018, rasio elektrifikasi di Sumatera Barat telah mencapai angka lebih dari 92%," lanjut Wiluyo.

Melistriki seluruh desa di Kabupaten Dharmasraya memiliki tingkat kesulitan  yang tinggi. Kondisi medan yang harus ditempuh insan PLN untuk memasang tiang dan pekerjaan infrastruktur lain cukup berat dan memakan waktu yang lama. 

Kondisi jalan yang sulit dilalui kendaraan roda empat menjadi salah satu rintangan dalam menyelesaikan target ini. Namun rintangan tersebut tidak menjadi halangan bagi PLN untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan listrik. Hal tersebut tergambar dari apresiasi yang disampaikan oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada PLN atas usaha dan kerja keras tiada henti. PLN terus menjalin komunikasi dengan kami dalam upaya untuk memberikan listrik kepada masyarakat desa. Meskipun menghadapi medan yang sulit, namun program listrik desa tetap berjalan sesuai rencana awal," ujarnya.

Acara peresmian listrik desa pun ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Bupati Dharmasraya bersama-sama dengan Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN, EVP regional Sumatera PLN, dan GM PLN UIW Sumbar, yang turut serta disaksikan oleh segenap komponen nagari beserta jorong. (Rel)
 
Top