Bagi orang Sumatera Barat, teh talua adalah minuman istimewa. Dikatakan demikian lantaran minuman itu hanya ada di daerah ini.

Tidak sulit mencari minuman teh talua di Sumbar. Mulai dari rumah makan sampai warung kaki lima ada menyediakan minuman tersebut.

Di luar Sumbar, teh talua juga bisa ditemukan di rumah makan Padang atau warung-warung milik orang Minang.

Rata-rata orang Minang pandai bikin teh talua. Ada yang menggunakan tenaga listrik dan ada yang dibuat secara manual dengan dikocok pakai sendok atau lidi. Teh talua yang enak itu dibikin menggunakan lidi.

Sebagian orang Minang mengatakan teh talua minan doping, sehingga ada yang butuh setiap beberapa hari tertentu. Yang jelas teh talua adalah minuman sehat.

Kandungan yang ada pada teh talua, jelas gula dan telur plus teh. Telur adalah makanan yang mengandung banyak protein dan sangat dibutuhkan tubuh.

Selain protein, kuning telur mengandung kolin. Nutrisi ini bermanfaat membangun struktur dan mengatur kerja sel-sel tubuh, mrngangkut kolesterol dari hati, proses sintesis DNA hingga detoks racun. Kolin juga bekerja menjaga fungsi sistem syaraf yang terlibat dalam memori, gerakan otot dan menjaga detak jantung.

Mengkonsumsi teh talua tentu perlu pembatasan. Jika keseringan bida juga berfampak kurang baik. Sebab kelebihan konsumsi minuman ini bisa mengakibatkan kelebihan konsumsi gula yang akhirnya mempengaruhi kesehatan, seperti diabetes, gangguan pada jantung dan lain sebagainya. (eSPe)
 
Top