Faktual dan Berintegritas

Gubernur Irwan Prayitno, Ketua PPNSI Rinaldi, GM PLN Sumbar Susiana Mutia dan Bupati Agam Indra Catri

AGAM - Pada Program penghijauan tahun 2018 ini, masing-masing PLN Unit Induk ditargetkan menanam pohon sebanyak 1.000 pohon. Di Sumatera Barat, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar menanam 1.000 pohon dengan beberapa jenis tanaman yang diprioritaskan, yakni tanaman produktif yang dapat melestarikan alam, melestarikan tanaman khas lokal dan dapat mengurangi pencemaran. Bibit pohon yang ditanam diantaranya pohon durian, mangga, rambutan, kacang macademia, dan lain-lain.
Lokasi penanaman pohon ini berlangsung di Taman Muko-Muko, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, tadi siang. Penanaman difokuskan pada wilayah sekitar PLN dan lokasi masyarakat umum. Kegiatan itu terlaksana dengan bantuan Persatuan Petani Nelayan Seluruh Indonesia (PPNSI).
Total nilai bantuan yang diserahkan PLN UIW Sumbar kepada PPNSI adalah Rp145 juta.
Kegiatan penghijauan itu dihadiri Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Bupati Agam Indra Catri, General Manager PLN UIW Sumbar Susiana Mutia, Ketua PPNSI Rinaldi, sejumlah manajemen PLN UIW Sumbar dan jajaran Dinas Lingkungan Hidup serta masyarakat setempat. Dengan adanya keterlibatan pemerintah dan masyarakat setempat, diharapkan peran dan fungsi program penghijauan 2018 dapat terus dijalankan sesuai harapan.
“Saya sangat mengapresiasi bantuan serta kepedulian PLN terhadap daerah Agam. Saya akui ini bukan yang pertama dan saya berharap ini juga bukan yang terakhir. Terima kasih semoga menjadi berkah buat PLN dan bantuan ini dapat bermanfaat untuk generasi masa depan," ungkap Bupati Agam, Indra Catri di sela-sela sambutannya.
Total dana yang digelontorkan PLN Peduli untuk penanaman 22.000 pohon sebesar Rp3,19 miliar. Dana tersebut selain untuk penanaman pohon dipergunakan pula untuk pemeliharaan pohon agar tetap tumbuh dengan baik.
Aksi tanam pohon yang PLN lakukan dalam rangka HMPI 2018 ini merupakan kelanjutan dari aksi tanam pohon tahap I yang dilakukan pada 5 Juni 2018. Melibatkan 32 unit PLN se-Indonesia, PLN menanam total 34.000 pohon. Total dana yang dikeluarkan PLN Peduli pada Tahap I ini sebesar Rp4,64 miliar.
Secara nasional, PLN menanam sebanyak 22.000 pohon pada wilayah operasionalnya. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2018. (P)

 
Top