PADANG - Ketua Dewan Kehormatan (DK) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar, Basril Basyar kini bergelar doktor. Ia dinyatakan lulus Ujian Terbuka Doktoral bidang ilmu Pertanian di gedung Pasca Sarjana Unand Limau Manis, Padang dengan nilai sangat memuaskan.
BB demikian ia biasa dipanggil  pagi tadi berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul "Kebijakan Penyuluhan Pertanian  sub- Sektor Peternakan sebagai  Al├át Pemacu  Pencapaian Swasembada Daging yang Berkelanjutan  di Sumatra Barat."
Bertindak sebagai tim penguji eksternal langsung Gubernur Sumbar Prof.Dr.Irwan Prayitno. Sedangkan penguji internal Prof.Dr
 Firwan Tan, SE, Prof. Dr. Yetti Marlida, Dr. Jafri Nur. Selain itu  ikut memberikan masukan-masukan untuk penyempurnaan disertasi ini Dekan Fakultas Pertanian DR.Munzir Bosniah MS dan Ka.Prodi S.3 ilmu Pertanian Prof Dr Irfan Suliansyah.
Menurut BB, pemerintah selalu  menargetkan  tercapainya swasembada daging, namun tidak seimbang dibandingkan laju pertumbuhan penduduk. Untuk itu peran penyuluh sangat diperlukan.
Keberadaan penyuluh perlu keterlibatan pemerintah baik secara politik maupun anggaran.
Kendala selama ini ada disharmonisasi naik antara pemerintah pusat dengan provinsi maupun provinsi dengan kabupaten/kota. Persoalan ini harus diatasi secepatnya, bila daerah ini ingin mewujudkan swasembada daging. (P)
 
Top