Faktual dan Berintegritas

Ilustrasi Wikipedia

PADANG - Wali Kota Padang Hendri Septa bersilaturahmi dengan guru-guru madya dan guru utama aliran silek Taralak, yang digagas pengurus  Perguruan Pencak Silat Talago Biru  Sumbar. 

"Kota Padang terkenal dengan  budaya bela diri tradisi seperti pencak silat  yang merupakan warisan dari para leluhur, guna dilestarikan kepada generasi selanjutnya," ujar Hendri Septa, membuka kegiatan  silaturahmi di gedung putih Rumah Dinas Wali Kota Padang, Sabtu (2/3). 

Hendri Septa menyampaikan, saat ini banyak generasi muda yang tidak lagi  mengenal seni bela tradisional daerahnya. Kondisi ini tentu sangat mengkhawatirkan, sebab jika dibiarkan maka kesenian bela diri tradisional ini akan terancam hilang dan punah. 

Maka dalam upaya melestarikan budaya Minangkabau, Pemko Padang telah mencanangkan program muatan lokal Keminangkabauan bagi anak didik  SD, dan SMP se-Kota Padang, 19 September 2023 lalu. 

Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Selasa yang dikemas dalam Program Sehari Keminangkabauan,  untuk mengenalkan kepada siswa tentang kebudayaan Minangkabau. 

"Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi agar bela diri tradisi Minangkabau punah ditelan bumi," ujar Hendri Septa. (dkf)

 
Top