Faktual dan Berintegritas


PADANG – Ditutup sejak pukul 14.15 WIB, Jumat (19/1), aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) kembali normal. Bandara yang terletak di Ketaping, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat itu telah dibuka lagi sejak pukil 06.20 WIB, Sabtu (20/1).

Sebelumnya, BIM ditutup sementara akibat erupsi Gunung Marapi. Abu vulkanik akibat erupsi Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam dan Tanah Datar itu mengganggu penerbangan. Akibatnya, sebanyak 16 penerbangan terdampak oleh penutipan tersebut.

Ini merupakan kali ketiga bandara itu ditutup akibat erupsi Gunung Marapi sejak Desember 2023 lalu. "Penutupan hari ini sudah dilakukan sejak 14.15 WIB," kata Kepala Otoritas Bandara (Kaotban) Wilayah VI-Padang, Capt. Megi H. Helmiadi dan Eksekutif General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Indrawansyah yang dihubungi terpisah, Jumat sore.

Penutupan BIM berdasarkan Notice to Airmen (NOTAM) B0115/24 tertanggal 19 Januari 2024. Penutupan direncanakan berlangsung hingga pukul 22.15 WIB atau enam jam sejak diterbitkannya NOTAM tersebut. (sp)

 
Top