Faktual dan Berintegritas

Ilustrasi kondisi air terjun Lembah Anai beberapa waktu lalu. 

MUSIM penghujan telah tiba. Setidaknya sejak akhir Desember 2023 hingga sekarang, curah hujan di hampir seluruh wilayah cukup tinggi.

Di Provinsi Jambi dan Riau sebagai tetangga terdekat Sumatera Barat misalnya terjadi banjir yang merendam rumah-rumah penduduk dan areal pertanian.  Kondisi ini bisa dipastikan sebagai musibah bagi masyarakat.

Di Sumatera Barat, akibat tingginya curah hujan juga telah berakibat terjadinya longsor hingga banjir bandang. Misalnya longsor di jalan nasional Sumbar-Riau wilayah Kabupaten Limapuluh Kota. Kemudian banjir bandang di kawasan Aia Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, dan Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok. Belum lagi yang terjadi di Kabupaten Pasaman dan lain sebagainya.

Itu hanyalah contoh peristiwa yang terjadi beberapa waktu lalu. Ke depan tidak ada jaminan bahwa peristiwa buruk tidak akan terjadi di berbagai kabupaten/kota. Sekali lagi tidak ada yang bisa menjamin.

Belajar dari tahun-tahun sebelumnya itu, ketika musim penghujan tiba, berbagai musibah dan bencana menimpa masyarakat. Mulai dari longsor, banjir dan lain sebagainya. Hal itu dikarenakan wilayah Sumatera Barat terdiri dari perbukitan, gunung dan dataran rendah.

Kawasan perbukitan yang berbulan-bulan dihantam panas musim kemarau akan berakibat tanah menjadi rengkah-rengkah. Ketika rengkahan tanah disiram hujan, dipastikan akan bergeser dan akhirnya terjadi longsor dan banjir bandang.

Sebaliknya daerah dataran rendah, akan senantiasa didatangi air cukup besar dari kawasan perbukitan. Ketika saluran air tidak mampu menampung debit air yang besar, maka terjadilah banjir. Baik banjir biasa maupun banjir bandang yang membawa material lumpur kayu dan batu.

Itu adalah peristiwa buruk di musim hujan. Bagaimanapun, kondisi itu tidak diinginkan oleh siapapun.

Menghadapi ancaman musibah di musim hujan tersebut, masyarakat perlu waspada. Salah satu bentuk waspada adalah dengan tidak membuang sampah ke selokan. Sebab, sampah yang menumpuk di selokan sangat berpotensi sebagai penyebab banjir.

Bagi masyarakat yang biasa melakukan perjalanan darat, sebaiknya berhati-hati, ketika melewati jalur rawan longsor. Apabila curah hujan sangat tinggi, alangkah baiknya mengundur bepergian beberapa waktu. Ini tentu demi keselamatan diri dan keluarga.

Mudah-mudahan Allah menjauhkan negeri ini dari musibah dan bencana yang memang sangat tidak diinginkan oleh kita semua. Semoga! (Sawir Pribadi)

 
Top