Faktual dan Berintegritas


PADANG - Anggota DPR RI asal Sumatera Barat (Sumbar) H Andre Rosiade menyerahkan satu unit ambulan untuk Masjid Raya Ganting, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Selasa (23/1). Masjid itu adalah masjid tetua di Kota Padang.

Pengurus Masjid Raya Ganting Munandar Hasan mengatakan, ambulans ini adalah sejarah bagi masjid dan Kampung Ganting. Karena sejak didirikan 1805 baru punya ambulans. “Ini satu hal yang patut disyukuri. Ini prakarsa dari bapak Andre Rosiade. Ini kami dapat usai kedatangan beliau beberapa bulan lalu. Alhamdulillah bisa terealisasi hari ini,” kata Munandar dalam acara serah terima ambulans di masjid itu.

Munandar berterima kasih karena Andre Rosiade langsung mengeksekusi apa yang dimintakan pengurus, jamaah dan warga Kampung Ganting. “Alhamdulillah, ambulans sudah datang dan bisa digunakan oleh kita semua. Pak Andre telah memenuhi aspirasi yang kita sampaikan beberapa waktu yang lalu,” katanya.

Selain itu, pengurus juga menyampaikan keluhan lainnya selain kebutuhan ambulans yang telah terealisasi. “Kami ada keluhan, sebagai pengurus dari masjid tertua. Sama seperti orang tua, satu sakit diobati, yang lain sakit lagi. Jadi kami minta juga bantuan rehab dari pak Andre. Karena kebutuhannya juga cukup sering dan besar,” katanya.

Munandar mendoakan Andre Rosiade kembali duduk di DPR RI. “Kita doakan bersama-sama. Semoga ambulans ini jadi amal ibadah untuk pak Andre dan tim serta semua yang terlibat sampai hadirnya ambulans di masjid ini,” katanya yang bersama Andre langsung mencoba ambulans.

Andre Rosiade yang datang sebagai wakil rakyat menyebutkan, sebelumnya dia datang ke Masjid Ganting untuk penyerahan bantuan rehab masjid yang telah digunakan. “Sekarang kami buktikan, sesuai janji ambulans Masjid Raya Ganting telah terealisasi. Kami serahkan ambulans ini. Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi pengurus dan jamaah,” kata Andre.

Andre memahami, masjid tetua memang harus dirawat dengan baik. “Memang harus dilakukan pemugaran. Apalagi ini cagar budaya. Kami tak bisa janji hari ini. Sebagai anggota DPR dan kader Partai Gerindra, kami akan usahakan. Kami datang reses, bukan kampanye,” kata Anggota Komisi VI DPR ini.

Kata Andre, untuk rehab Masjid Raya Ganting membutuhkan APBN. Karena APBD Sumbar tidak akan cukup memugar sepenuhnya. “Harus ada bantuan khusus dari Pemerintah Pusat. Masjid yang punya sejarah panjang untuk dakwah di Kota Padang dan Sumbar umumnya ini. Nanti kita coba berkoordinasi dengan pemerintah pusat atau Kementerian PUPR,” kata Ketua DPD Gerindra Sumbar ini. (*)

 
Top