Faktual dan Berintegritas


PADANG -- Balaikota Padang di Aia Pacah kini dilengkapi Puskesmas Pembantu (Pustu) guna mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi ASN Pemko Padang.

Wali Kota Padang Hendri Septa saat meresmikan Pustu yang merupakan jaringan Puskesmas Aia Dingin itu, Selasa, (9/1/2024), berharap Pustu juga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar Aia Pacah. 

"Kebutuhan akan perhatian terhadap klinik cukup tinggi terutama bagi daerah perkotaan. Kita manfaatkan sebaiknya, pegawai jangan sampai sakit," katanya.

Adanya Puskesmas Pembantu ini menurutnya merupakan bagian dari pemanfaatan ruang yang ada di Balaikota. Sebab, Balaikota Aia Pacah adalah ruang publik bagi masyarakat yang harus dioptimalkan. 

"Kita sudah ada taman bermain di Galanggang. Jika ingin berbelanja sudah ada koperasi dan berbagai UMKM juga, sekarang ada pustu yang akan membantu menunjang pelayanan kesehatan bagi ASN dan juga masyarakat umum," tuturnya lagi.

Sementra, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang dr. Sri Kurnia Yati menuturkan faskes baru itu dapat diakses mulai dari Senin-Jumat. Pelayanan yang disediakan diantaranya screening oleh dokter umum, pemeriksaan laboraturium sederhana berupa pemeriksaan kolesterol dan gula darah. 

"Kemudian ada pemeriksaan ibu hamil, balita, serta KB, edukasi dan konseling kesehatan," ujarnya. 

Tidak hanya itu, Pustu juga mempunyai unit pemeriksaan gigi atau dental care dengan jadwal praktik dua kali seminggu. Ke depan, kata Sri Kurnia akan dicanangkan pula tempat penitipan anak. (dkf)

 
Top