Faktual dan Berintegritas


PADANG -- Kesebelasan Semen Padang FC sukses ambil alih puncak klasemen Grup X. Lima poin pun dibukukan pasukan Kabau Sirah.

Menjamu PSMS Medan, Rabu (17/1) malam di Stadion H. Agus Salim, Padang,  anak asuh Delfi Adri (DA) sukses menggapai ambisinya. Tuan rumah menang 2-0 atas tamunya itu.

Juru taktik Coach DA melakukan rotasi pemainnya di starting XI. Mesin golnya, Kenneth Ngwoke dibangkucadangkan. Posisinya digantikan oleh striker lokal, Ahmad Ihwan. Taktikal itu hingga 45 menit pertama belum terlalu efektif. 

Beberapa peluang yang tercipta dari Ahmad Ikhwan pun gagal berbuah gol. Memasuki sisa lima menit babak pertama usai, coach DA akhirnya memasukkan Kenneth Ngwoke dengan menarik keluar Fandi Eko Utomo. Namun duet Ngwoke dengan Ahmad Ihwan pun belum bisa mejebol jala gawang PSMS yang dikawal Abdul Rohim.

Alhasil, babak pertama tidak satu pun gol tercipta alias papan skor kacamata. 

Di babak kedua, Coach DA langsung memasukkan dua pemainnya yakni Vivi Asrizal dengan Ocvian Chanigio. Baru-lah strategi itu berubah gaya permainan tuan rumah. 

Gol yang ditunggu-tunggu oleh 11.200 penonton tuan rumah pun akhirnya datang juga pada menit 48. Ahmad Ihwan pun akhirnya menjadi pembeda. Berawal dari sepak pojok yang dilesakkan oleh Vivi Asrizaldari sisi kanan gawang Ayam Kinantan. Umpan terukur itu disambut sundulan Firman Juliansyah dan diteruskan kepada Ahmad Ihwan. Sundulan Ahmad Ihwan menggetarkan jala gawang Abdul Rohim, 1-0.

Kemudian, 24 menit kemudian tepatnya pada menit 71 giliran Vivi Asrizal yang menggandakan keunggulan 2-0 atas PSMS. Skema segitiga Rosad Setiawan, Rendy Setiawan dan dituntaskan oleh Vivi Asrizal. 

Leading dua gol membuat mental kubu Ayam Kinantan yang dibesut pelatih careteker Legimin Raharjo runtuh. Permainan keras menjurus kasar pun mulai diperagakan. Buktinya, pemain pengganti Wahyu Ilahi yang diawal-awal bermain cukup bagus harus mandi lebih dulu dikarenakan wasit Steven Yubel Poli menghadiahkan kartu kuning kedua untuk Wahyu Ilahi. 

Bermain dengan 10 pemain tentu kian menyulitkan bagi Ayam Kinantan untuk bisa menggejar defisit dua gol. Hingga laga habis papan skor 2-0 untuk tuan rumah bertahan.

Tambahan 3 poin untuk Semen Padang FC itu sekaligus mengkudeta PSIM Yogyakarta yang pada laga sore harinya di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta harus berbagi angka dengan Persiraja dengan skor akhir 1-1. Walau poin sama-sama 5, Kabau Sirah unggul selisih gol dengan Laskar Mataram itu.

Laga berikutnya, skuad Kabau Sirah bakal memainkan dua laga tandang. Pertama ke markas, Ayam Kinantan pada 22 Januari 2024 lalu ditunggu oleh PSIM pada 27 Januari 2024. Laga terakhir, baru menjamu Persiraja pada 3 Februari 2024 mendatang. (d2)

 
Top