Faktual dan Berintegritas

Foto doc

PADANG -- Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) merek dinding ALS nomor polisi BK 7371 UD mengalami kecelakaan di Nagari Kampung Koto Malalak Selatan, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, Senin (15/4). Satu orang dikabarkan meninggal dunia  dan puluhan lainnya mengalami luka-luka serta patah tulang.

Bus jurusan Medan-Jakarta itu menempuh jalur Malalak sesuai aturan sistem satu arah (one way) yang diterapkan saat libur lebaran di Sumatera Barat. Bus yang dikemudikan Kevin Harahap tersebut terguling di Lambeh Jorong Nyiur Nagari Kampung Koto Malalak Selatan.

Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bukittinggi menyebut sebanyak 47 penumpang menjadi korban kecelakaan tunggal bus ALS tersebut. Dari 47 penumpang itu, satu orang dinyatakan meninggal dunia di lokasi kejadian.

"Perkiraan korban akibat kejadian sebanyak 47 orang dan diketahui satu korban meninggal dunia. Seluruh korban dievakuasi ke beberapa rumah sakit," kata Kasi Humas Polresta Bukittinggi, Iptu Agus.

Ia mengatakan berdasarkan informasi sementara, bus melaju dengan kecepatan tinggi dalam suasana one way. "Tepat di tikungan tajam ke arah kiri menyebabkan kendaraan hilang kendali dan sopir membanting stir ke kiri membuat keseimbangan mobil bus hilang, sehingga bus rebah ke kanan," kata Agus.

Para korban dilarikan ke Puskesmas Malalak sebanyak 9 orang dengan luka ringan. Ke RSAM Bukittinggi sebanyak 7 korban dengan luka berat serta RSUD Padang Pariaman sebanyak 31 korban dengan rincian satu meninggal dunia, 5 luka berat dan 25 luka ringan.

Apa penyebab pasti dari kecelakaan tersebut dalam penyelidikan Satlantas Polresta Bukittinggi. (*)

 
Top