Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno tengah memberi arahan di hadapan para wakil bupati dan wakil walikota. (Humas)

PADANG - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno tadi siang mengumpulkan para wakil bupati dan wakil walikota di Gubernuran. Dalam pertemuan tertutup tersebut dibahas segala hal guna kemajuan  daerah, termasuk keretakan hubungan pasangan kepala daerah.

"Tadi khusus kepala daerah, namun minggu depan baru dengan kepala daerahnya," kata Gubernur, Irwan seusai pertemuan tersebut.

Dijelaskan, , banyak hal yang dibahas dalam pertemuan itu, yakni persoalan yang ada di daerah, salah satunya terkait informasi tentang adanya kepala daerah dan wakilnya sudah tidak ada  cocok lagi. "Maka, kita sebagai perwakilan pemerintah pusat di ndaerah yang mempunyai amanah  sebagai pembina dan pengawas, memiliki tanggung jawab untuk mencocokkan mereka kembali," katanya.

Menurut dia, kepala daerah dengan wakilnya ibarat hubungan suami-istri. Jika tidak cocok akan terganggu rumah tangganya. Begitu juga dalam pemerintahan, akan terganggu kinerja dalam memimpin daerah. "Jadi pimpinan itu harus kompak. Dalam memajukan daerah itu mesti sama-sama, tidak bisa sendiri-sendiri," lanjut gubernur.

Dari pertemuan itu, hanya 16 wabup/wawako yang hadir dari 19 kabupaten/kota  di Sumbar. Dari Pemprov, hadir di kesempatan itu Wakil Gubernur, Nasrul Abit, Sekdaprov Alwis, Asisten I, Devi Kurnia dan kepala OPD di lingkup Pemprov Sumbar. (P)

 
Top