Pelabuhan Teluk Tapang, Pasaman Barat. (Antara Sumbar)

PADANG - Pemerintah pusat mengucurkan dana sebesar Rp43 miliar pada 2019 ini untuk kelanjutan pembangunan  Pelabuhan Teluk Tapang, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Dari jumlah sebanyak itu,  Rp40 miliar untuk pembangunan, dan  Rp 3 miliar lagi dari Kementerian Perhubungan untuk menyelesaikan sarana dan prasana yang ada di pelabuhan  tersebut.

"Sebanyak Rp40 miliar akan dipergunakan untuk pembangunan jalan, dan Rp 3 miliar untuk penyelesaian sarana prasarana. Untuk jalan,  dibuka dulu sepanjang 42 kilometer, dan diupayakan  bisa dilalui kendaraaan bermotor," kata Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Jumat siang tadi.

Pelabuhan Teluk Tapang ditargetkan beroperasi pada 2021 mendatang. Secara bertahap pembangunan jalan sepanjang 42 kilometer dan 12 jembatan besar dan 6 jembatan kecil menuju pelabuhan tersebut akan diupayakan. Dengan beroperasinya Pelabuhan Teluk Tapang nantinya, maka semua potensi di wilayah pantai barat Sumatera bisa disuplai dari pelabuhan tersebut, seperti biji besi, ikan, CPO dan  lain sebagainya.

Keberadaan Pelabuhan Teluk Tapang sangat strategis untuk membantu Pelabuhan Teluk Bayur Padang . Pelabuhan ini nantinya juga bisa membantu daerah sekitar, termasuk daerah Mandailing Natal di Sumatera Utara. (P)
 
Top