Penandatanganan prasasti RS Mohammad Natsir oleh Gubernur Irwan Prayitno

SOLOK - RSUD Solok resmi berganti nama menjadi Rumah Sakit (RS) Mohammad Natsir. Peresmian penggantian nama itu dilakukan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno di komplek rumah sakit yang berlokasi di kawasan Simpang Rumbio, Kota Solok itu, Selasa (22/1).

Penggantian nama rumah sakit milik Pemprov Sumbar itu berdasarkan  Pergub Nomor 63/2018 tertanggal 20 Desember 2018. Sebelum pergub keluar, berbagai tahapan telah dilakukan, antara lain meminta masukan dari berbagai pihak, kajian sejarah, pembahasan dengan DPRD dan lain sebagainya.

Gubernur Irwan Prayitno mengharapkan pelayanan di rumah sakit Mohammad Natsir tersebut semakin ditingkatkan dari sebelumnya, jangan sebaliknya. Bagaimanapun, pelayanan terhadap pasien dan masyarakat lebih diutamakan.

Gubernur menandatangani prasasti pergantian nama rumah sakit itu disaksikan Walikota Solok Zul Elfian, sejumlah unsur Forkopimda, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. Istimewa lagi, keluarga Mohammad Natsir ikut menyaksikan peristiwa bersejarah tersebut.

Mohammad Natsir adalah tokoh agama terkemuka, sekaligus pejuang kemerdekaan. Ia lahir di Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok pada 17 Juli 1908 dan meninggal dunia di Jakarta pada 6 Februari 1993.

Ia merupakan pendiri sekaligus pemimpin partai politik Masyumi, dan tokoh Islam terkemuka Indonesia. Di dalam negeri, ia pernah menjabat Menteri dan Perdana Menteri Indonesia. Sementara di kancah internasional, ia pernah menjabat sebagai Presiden Liga Muslim se-Dunia (World Muslim Congress) dan ketua Dewan Masjid se-Dunia. (P)

 
Top