Fadly Amran


PADANG PANJANG - Walikota Padang Panjang, Fadly Amran siang tadi menerima kunjungan keluarga besar almarhum Chatib Sulaiman di rumah dinasnya. Walikota didampingi Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Alvi Sena beserta sejumlah pejabat lainnya.

Rombongan keluarga besar Chatib Sulaiman, dipimpin Sudarman Dt. Barbangso. Ia adalah anak pertama dari Chatib Sulaiman yang merupakan pahlawan kemerdekaan dari Sumatera Barat.

Kedatangan mereka ke Padang Panjang untuk bersilaturahmi, sekaligus mohon dukungan moril dari pemerintah setempat dalam memperjuangkan orang tua mereka untuk dapat menjadi pahlawan nasional.

"Kami dari Pemerintah Kota Padang Panjang mendukung penuh agar beliau (Chatib Sulaiman) bisa menjadi pahlawan nasional. Apalagi dalam memperjuangkan kemerdekaan beliau punya hubungan emosional yang erat  dengan Padang Panjang," ujar Fadly.

Walikota berharap supaya setelah semua persyaratan disiapkan panitia nantinya,  pemerintah pusat dapat menetapkan Chatib Sulaiman sebagai pahlawan nasional.

Pada kesempatan itu Sudirman Datuak Barbangso, yang sehari-hari tinggal di Padang, menyampaikan, keluarga besarnya selama ini tidak ada menuntut imbalan materi dari pemerintah atas perjuangan orangtuanya. Mereka hanya berharap supaya pahlawan yang diabadikan namanya sebagai nama jalan dan GOR Bulutangkis Bancah Laweh itu bisa dinobatkan sebagai pahlawan nasional. "Orang tua kami meninggal ditembak Belanda di Situjuah," katanya. (J)
 
Top