Direktur RS Yarsi Padang membagikan masker kepada pengendara motor. (rz). 

PADANG - Bencana kabut asap masih terus menyelimuti Kota Padang, Sumatera Barat dan sekitarnya.  Menyikapi hal tersebut direksi, karyawan dan staf  Yayasan Rumah Sakit Ibnu Sina, Padang melakukan  aksi bagi-bagi seribu lebih masker gratis untuk masyarakat dan pengendara, siang tadi.

Masker gratis itu diberikan kepada pengendara kendaraan roda dua dan roda empat yang berhenti di simpang lampu merah kawasan Jalan KH. Ahmad Dahlan, Jalan Teuku Umar, Jalan Alai Timur dan Jalan Gajah Mada, Kota Padang.

Direktur Rumah Sakit Ibnu Sina, dr. Elfizon Amir yang langsung membagikan masker mengungkapkan,  pihaknya sengaja membagikan masker gratis menyusul meningkatnya intensitas kabut asap di Kota Padang. “Aksi ini kita lakukan sebagai bentuk kepedulian RS Ibnu Sina Padang terhadap kesehatan masyarakat karena faktanya bencana kabut asap ini mengakibatkan terganggunya pernapasan,” katanya.

Dikatakannya, akibat kabut asap banyak penderita infeksi saluran pernafasan atas (ISPA). Untuk  mengurangi korban yang mengalami penyakit-penyakit saluran pernafasan itu masyarakat harus  menggunakan masker saat beraktifitas diluar ruangan.

“Masker yang kita bagikan berfungsi untuk mengurangi terhirupnya partikel udara yang telah tercemar asap oleh warga terkhusus pengendara. Banyak kita temui pengendara yang beraktifitas tanpa  menggunakan masker,” katanya.

Dijelaskan Elfizon, aksi tersebut dilakukan bersama 20 lebih staf RS. Ibnu Sina, Padang. Ia berharap ke depan penyakit saluran pernapasan korbannya tidak terjadi peningkatan dengan makin sadarnya masyarakat menjaga diri sendiri. (rz) 
 
Top