Suasana pelatihan fotografi bagi driver mitra Gojek Area Padang. (rm)

PADANG - Driver Gojek area Padang dibekali pengetahun dan teknik fotografi. Kegiatan itu
digelar di Kubik Koffie, Jalan Olo Ladang, Kota Padang, sore tadi.  Samet Tozar, fotografer profesional yang memiliki spesialisasi di bidang foto produk dan foto close-up didapuk sebagai pemateri.

Di sela-sela kegiatan, pria yang akrab disapa Sam itu mengaku senang mengajar dan baginya fotografi bisa menjadi sebuah keterampilan yang berguna, aplikatif, dan produktif. “Fotografi merupakan ilmu yang sangat bisa dipelajari. Saya menjamin, setelah kelas kali ini, teman-teman mitra driver akan bisa langsung menerapkan ilmu yang didapatkan. Saya akan berbagi teknik fotografi yang indah menggunakan smartphone. Fotografi tak mesti mahal,” katanya.

Foto yang bagus tidak tergantung pada alat yang mahal. Bagus atau tidaknya tergantung pada sang fotografer dan teknik pengambilan. “Banyak yang bisa kita maksimalkan dengan fotografi, yakinlah
dengan fotografi, kita bisa produktif,” katanya.

Terpisah,  Head of Regional Corporate Affairs Gojek Sumatera Teuku Parvinanda, di sela-sela kegiatan bertajuk Kursus Kilat Keluarga (3KM) itu mengatakan mitra driver merupakan prioritas. "Maka penting dilakukan pelatihan yang implementatif dan bernilai ekonomi, baik bagi mitra driver maupun keluarganya. 3KM digelar gratis,” katanya.

Tak jauh berbeda, District Head Gojek Padang Febri Andika,  menjelaskan dampak sosial Gojek bagi mitra driver, tak hanya bisa diukur melalui terbukanya akses lapangan pekerjaan tetapi juga dilihat dari upaya pemberdayaan yang berkelanjutan. Salah satunya dengan cara membekali mitra driver dengan keterampilan yang bisa diterapkan secara praktis, namun tepat guna.

“Kami menghadirkan kursus kilat membuat kerajinan tangan, kuliner, videografi, serta fotografi. Bahkan untuk anak-anak mitra driver, kami juga telah menyiapkan kursus pencak silat dan gitar, dengan harapan dapat membantu mitra driver menyediakan edukasi informal bagi putra-putrinya dalam mempersiapkan masa depan,”  jelasnya.

Program 3KM akan digelar hingga Desember 2019. Sedangkan kursus untuk anak-anak mitra driver akan dijalankan secara rutin setiap minggu dengan target jangkauan hingga 1.000 orang mitra driver beserta keluarganya.

“Para pemateri berkompeten yang dilibatkan dalam program 3KM di antaranya owner Bag Handmade yaitu  Asni, Creative Media Radio RRI, M.Arif Saputra, owner Samet Photography, Padang Baking School Chef  Eka Wijaya, Perguruan Pencak Silat Talago Biru Indonesia Naldo, dan guru kesenian SMP 4 Padang Riki Saputra,” katanya. (rm)
 
Top