Faktual dan Berintegritas


JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI, Hadi Tjahjanto mengirim dua pesawat Hercules ke Wamena, Papua. Pesawat ini untuk membawa pulang para perantau Minang dari negeri yang dilanda kerusuhan tersebut.

"Alhamdulillah, untuk memulangkan perantau dari Wamena ke Sumatera Barat, Pak Panglima bersedia mengirim dua Hercules TNI yang bisa membawa 1.000 orang. Sekalian juga bisa membawa warga Papua asal Sulawesi," kata Bendahara Umum Gebu Minang, Yendra Fahmi melalui pesan WashApp-nya kepada Buya Syafii Maarif yang ikut memantau langkah pemulangan para perantau Minang dari Tanah Papua tersebut, Minggu (29/9).

Menurut Fahmi, Ketua Umum Gebu Minang, Oesman Sapta yang juga Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD)-RI itu, menyampaikan keprihatinannya atas tragedi kemanusiaan yang terjadi di Papua dan memesankan peristiwa ini perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah. Termasuk penanganan pengungsi yang masih bertahan di kantor Polres dan Kodim Kabupaten Jaya Wijaya.

Untuk memulangkan para perantau yang tak lagi memiliki harta benda karena dijarah dan dibakar oleh perusuh, Panglima TNI memerintahkan pengiriman Hercules ke Wamena. Untuk upaya pemulangan perantau, kata Fahmi, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Wakil Gubernur Nasrul Abit yang saat ini sedang berada di Papua untuk mendatangi pengungsi.

"Yang penting sanak saudara kita itu dibawa  pulang dulu ke Ranah Minang. Nyawa mereka jauh lebih penting," sebut Wasekjen Gebu Minang, Zulhendri.

Gebu Minang Pusat juga sudah berkoordinasi dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen (TNI) Donny Monardo yang semalam juga sudah terbang ke Papua untuk menangani masalah pengungsi. (yn)
 
Top