Syafrizal Ucok

PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat  melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar, untuk ketiga kalinya melakukan lomba transparansi dana desa 2019. Lomba ini juga menilai kepala daerah terbaik sebagai pembina dana desa 2019.

Kepala Dinas PMD Sumbar, Drs. H. Syafrizal Ucok, MM kepada pers mengatakan, lomba ini bertujuan untuk terus mendorong transparansi dalam pengelolaan dana desa di nagari/desa se Sumbar. Hasil akhir yang didambakan adalah makin tingginya tingkat partisipasi masyarakat dalam kegiatan pembangunan.

Selain itu, prinsip transparansi dalam pengelolaan dana desa/nagari akan sangat membantu wali nagari dalam pelaporan dan menjauhkan wali nagari beserta perangkatnya dari pelanggaran hukum. "Kita tidak ingin pengucuran dana desa menyeret wali nagari kepada masalah hukum," kata Syafrizal Ucok, yang juga mantan Wakil Bupati Pesisir Selatan ini.

Menurut Syafrizal Ucok, saat ini di kabupaten dan kota penerima dana desa sedang berlangsung seleksi antar nagari mengenai transparansi. Nagari yang terbaik nantinya akan dinilai langsung ke lapangan oleh tim penilai provinsi, yang direncanakan pada awal November 2019 mendatang.

Tim penilai lomba transparansi dana desa 2019 penanggungjawabnya adalah Kadis PMD Drs. H. Syafrizal Ucok, MM., Ketua Tim Drs. H. Rusdi Lubis, M.Si. (pamong senior), dengan anggota DR. H. Ir. Basril Basyar, MM. (Ketua DKP PWI Sumbar), H. Jayusdi Effendi (PWI), Gusfen Khairul (PWI), Sawir Pribadi (PWI), Khairul Anwar, SH.,MH (Kordinator Pendamping Wilayah Dana Desa), Azwar, SE.,M.Si (Kabid Pemerintahan Desa/Nagari) dan Retma Nency, S.STP (Kasi Kelembagaan Pemerintahan Desa/Nagari). (rel)
 
Top