Maigus Tinus

PADANG - Kabupaten Solok, Sumatera Barat ke depan perlu pemimpin yang fresh dan inovatif. Sebab, banyak potensi daerah itu yang belum tergali maksimal.

Setidaknya itu benang merah dari bincang swapena.com dengan tokoh muda Kabupaten Solok, Maigus Tinus di Padang tadi sore. Di mata putra Nagari Talang, Kecamatan Gunung Talang ini, Kabupaten Solok punya potensi besar dalam banyak hal, di antaranya potensi pariwisata, pertanian, SDM dan lain sebagainya.

Pemimpin  yang fresh bagi Maurus adalah orang-orang yang belum terkontaminasi oleh hal-hal subjektif dalam memimpin. "Setidaknya fresh dalam memikirkan kemajuan daerah," katanya.

Sedangkan yang dimaksud inovatif adalah mau melakukan terobosan dan 'lasak' untuk perubahan daerah. Ia paham APBD Kabupaten Solok sangat kecil dan perlu kepiawaian untuk mencari sumber pendanaan untuk pembangunan.

Maigus menilai banyak sumber daya manusia, putra dan putri Kabupaten Solok yang hebat di luar daerah. Ia menyebut sejumlah nama di Jakarta dan kota lainnya yang selama  ini tidak dimanfaatkan secara maksimal. "Makanya ke depan ini perlu dimaksimalkan," ujar alumni SMA Gunung Talang ini.

Lalu, apakah Maigus berniat berkompetisi untuk kepala daerah di Kabupaten Solok 2020 nanti? "Jika amanah diberikan oleh masyarakat saya akan pikul," katanya.

Namun di samping itu,  Maigus berpendapat pengabdian terhadap kampung halaman tidak harus menjadi bupati. "Banyak yang bisa dilakukan dan disumbangkan demi kemajuan Kabupaten Solok," sebutnya tanpa merinci. (sp)
 
Top