Faktual dan Berintegritas


PADANG, SWAPENA -- Jalin silaturahmi dan koordinasi, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat Eric Rossi Priyo Nugroho beserta jajaran Senior Manager sambangi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Barat Irjen Pol Suharyono di ruang kerjanya, Selasa (1/11). Sebagai sesama pimpinan instansi yang baru bertugas di Ranah Minang Sumatera Barat, pertemuan ini dianggap penting oleh Eric dan Suharyono.

Suharyono menyambut hangat kehadiran rombongan PLN. Suharyono mengatakan, listrik merupakan kebutuhan primer bagi seluruh rakyat Indonesia. Maka pengawalan terhadap keamanan dan keberlangsungan penyaluran listrik tentu baik adanya jika disinergikan bersama.

Lebih lanjut Suharyono mengatakan, isu energi merupakan isu yang sangat penting dan perlu dikelola bersama untuk keberlangsungan bangsa. Belum lagi fokus pemerintah saat ini adalah pada perkembangan green energy, sesuai dengan komitmen G-20. ‘’PLN tentu berperan sangat besar untuk mendukung gerakan pemerintah. Ada banyak tantangan dalam bidang energi yang berpeluang disinergikan bersama, dan kami siap mendukung PLN UIW Sumbar,’’ lanjutnya.

Kepada Suharyono, Eric menyampaikan bahwa kondisi kelistrikan Sumatera Barat saat ini cukup dan andal. PLN UID Sumatera Barat dipasok dari pembangkit dengan kapasitas total 778,42 MW. Pada kondisi beban puncak, maksimal daya terpakai adalah 603,70 MW. Artinya dipastikan ada ketersediaan cadangan pasokan sebesar 174,72 MW atau sekitar 22,45%. Dengan cadangan pasokan listrik yang terbilang sangat besar ini, PLN siap mendukung pertumbuhan ekonomi dalam skala besar.

Perihal green energy, Eric menyampaikan bahwa lebih dari 50% sumber energi listrik di Sumatera Barat dihasilkan dari pembangkit green energy. ‘’Sumatera Barat kaya akan sumber energi hijau. Para ahli bahkan menyebut Sumbar sebagai lumbung energi hijau. PLN optimis siap mendukung target pemerintah untuk Indonesia mendominasi energi hijau sesuai komitmen G-20,’’ ungkap Eric kemudian.

Eric menyampaikan, PLN membutuhkan bantuan Kapolda diantaranya dalam pengamanan aset-aset korporat maupun aset kelistrikan PLN, mengingat PLN merupakan BUMN dengan aset terbesar di Indonesia. ‘’Dukungan dari Bapak dan tim tentu akan membantu kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan aman dan tenang,’’ lanjutnya.

Eric berharap, koordinasi dan sinergi PLN dengan Polda Sumbar dapat berjalan dengan baik di bawah kepemimpinan yang baru. Pun demikian, PLN siap mendukung Polda untuk layanan kelistrikan terbaik atau tambahan kebutuhan listrik dalam jumlah besar. (rls)

 
Top