Faktual dan Berintegritas


PADANG, SWAPENA -- Jika tidak ada aral melintang, kelompok terbang (Kloter) 1 jamaah haji Debarkasi Padang dengan jumlah 393 jamaah, diperkirakan sampai ke Asrama Haji Padang pukul 23.00 WIB, Jumat (15/7) malam. Kloter I bertolak ke Tanah Air pukul 07.10 WAS (Waktu Arab Saudi), Jumat (15/7).

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Padang 2022 diwakili sekretaris PPIH, H.Joben, telah memantapkan persiapan menyambut jamaah haji, dengan terlebih dahulu menggelar rapat gabungan dengan PPIH dan Petugas Pembantu Penyelenggara Ibadah Haji (P3IH), terkait persiapan menyambut jemaah haji debarkasi Padang di Aula Pertemuan Asrama Haji Padang,

Rapat gabungan langsung dibuka Gubernur Sumbar yang diwakili Kabag Bina Mental dan Spritual Pemprov Sumbar, Dr. Eka. Gubernur meminta petugas yang tergabung di PPIH, P3IH Kanwil Kemenag Sumbar dan P3IH Pemprov, dapat bertugas dengan bertanggung jawab, amanah, ikhlas dengan tetap menjaga kesehatan.

Ia juga berharap petugas bekerja dalam satu koordinasi dan konsolidasi agar tidak ada kesalahan dalam bertugas.

Sedangkan H Joben usai rapat koordinasi menyampaikan segala persiapan telah dilakukan, guna suksesnya penyambutan jemaah haji debarkasi Padang.

Sebelum rakor gabungan itu, H Joben mengatakan rapat juga telah di laksanakan oleh P3IH, pihak otorita bandara dan rapat internal UPT asrama haji.

"Sesuai jadwal, kedatangan jemaah haji kloter I asal Sumbar direncanakan akan sampai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada hari Jumat pukul 20.45 WIB dan akan memasuki asrama haji pukul 22.30 WIB, " kata H Joben, Jumat (15/7).

Ia mengatakan, beberapa kegiatan akan dilaksanakan menyambut jemaah haji di adebarkasi Padang. Pertama ketika jamaah sudah sampai di Asrama ahaji Padang, nanti akan ada penyambutan dengan sholawat badar dan pengalungan bunga yang diwakili oleh petugas kloter dan petugas haji daerah.

"Jamaah akan diberikan makanan ringan dan akan ada seremoni penyambutan dan serah terima jamaah dari petugas kepada pemerintah daerah," tambahnya.

Terkait air zam-zam, H Joben menjelaskan bahwa air zam-zam jamaah sudah didistribusikan ke Kabupaten/ kota dan saat ini sudah berada di Kankemenag kabupaten/kota.

"Dengan mendistribusikan air zam-zam lebih awal diharapkan saat jamaah sampai dirumah, air zam-zam juga sudah berada di rumah masing-masing jamaah haji," tuturnya. 

Untuk barang bagasi jamaah haji, akan diantarkan ke asrama haji dan sampai di asrama maka PPIH yang menyerahkan kepada jamaah. (hn)

 
Top