Faktual dan Berintegritas

 


 

PADANG, SWAPENA -- Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, menerima kunjungan sejumlah tokoh masyarakat Nagari Sungai Batang Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam di kompleks Gubernuran, Kamis (21/7).

Dalam pertemuan yang berlangsung santai penuh keakraban, Mahyeldi menyampaikan bahwa Sungai Batang merupakan salah satu ikon Maninjau dengan potensi pariwisata yang harus dikembangkan.

"Maninjau, khususnya Sungai Batang, memiliki potensi alam yang sangat luar biasa. Tempat lahirnya tokoh-tokoh bangsa seperti Buya Hamka, Syeikh Amrullah dan kemarin baru saja masuk lima besar katagori Anugerah Desa Wisata Indoensia. Maka perlu didukung dengan sarana prasarana yang memadai. Salah satunya  akses jalan alternatif yang nantinya bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan," kata Mahyeldi.

Ditambahkan Mahyeldi, pemerintah Sumbar siap memulai pembangunan jalan Sungai Batang-Malalak, jika lahan sudah disediakan masyarakat. Bahkan sebagai bentuk keseriusannya, orang nomor satu di Sumatera Barat ini akan melakukan survei dengan berjalan kaki untuk melihat langsung track jalan bersama OPD di lingkungan Provinsi Sumatera Barat.

Tokoh Muda Maninjau, Reido Deskumar yang hadir dalam pertemun tersebut sangat berterimakasih atas dukungan yang diberikan Gubernur Sumatera Barat untuk membuka jalur alternatif Sungai Batang-Malalak.

"Jalan artenatif ini memberikan dampak yang sangat baik bagi masyarakat Salingka Danau Maninjau. Pariwisata akan berkembang dan pastinya akan menggerakan ekonomi masyarakat," katanya.

Sosok yang juga mantan Presiden Mahasiswa Universitas Andalas ini menambahkan, dukungan yang diberikan Gubernur Sumbar harus segera ditindaklanjuti, sehingga potensi besar ini bisa terealisasi. Selain itu, ia berharap adannya kebersamaan dan dukungan semua pihak untuk menyukseskan pembangunan jalan tersebut.

Senada dengan itu, Wali Nagari Sungai Batang, A. Datuak Bandaro Kayo juga berterimakasih atas dukungan yang diberikan Gubernur Sumbar. "Kami tidak menyangka respon Pak Gubernur sangat cepat. Tentu kami harus lebih cepat lagi bergerak di lapangan untuk memuluskan niat baik 11 Km jalan Sungai Batang-Malalak," ungkapnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut perwakilan tokoh Masyarakat Sungai Batang Datuk Batuah, Datuak Sati, Datuak Basa Bandaro, Anggota PPNSI Agam, Pokdarwis Sungai Batang, dan Kepala Jorong Nagari. (yk)

 
Top