Faktual dan Berintegritas



PADANG, SWAPENA -- Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi awal tahun ini meraih penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia berupa Anugerah Baznas Award 2022 untuk Kepala Daerah Pendukung Gerakan Zakat Nasional dalam kategori sebagai Gubernur Pendukung Gerakan Zakat Indonesia.

0Buya Mahyeldi menjadi satu dari 12 gubernur yang memenuhi persyaratan dalam penilaian dalam kategori Kepatuhan kepala Daerah Terhadap Pelaksanaan Undang Undang nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat dan juga perhatian gubernur terhadap penguatan pengelolaan zakat di daerah.

Penganugerahan award yang juga diselenggarakan dalam rangka HUT Baznas ke-21 tersebut, diserahkan langsung oleh Ketua Baznas RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA di Golden Balroom, The Sultan Hotel & Rasidence, Senin (17/1).

Dalam sambutannya Noor Achmad, menyebut anugerah ini merupakan bentuk apresiasi pada semua pihak yang telah terlibat dan mendukung upaya Baznas dalam mensejahterakan umat. Proses ini melibatkan lebih dari 300 tokoh dan lembaga dengan 184 pemenang.

Gubernur Mahyeldi usai menerima penghargaan menyampaikan, bahwa penghargaan tersebut adalah buah dari kerja sama berbagai pihak terkait di Pemprov Sumbar.

"Alhamdulillah, penghargaan Baznas Award 2022 merupakan hasil kolaborasi bersama semua pihak dalam memberi dukungan dan menyukseskan program zakat di Sumatera Barat," kata Buya Mahyeldi.

"Kita patut mengapresiasi pengurus dan stakeholder zakat di Sumatera Barat. Berkat inovasi dan kerja-kerja produktif yang dilakukan, Sumbar mendapatkan penghargaan ini," sambungnya.

Gubernur berharap, pengelolaan dan program zakat di Sumatera Barat bisa terus ditingkatkan secara profesional agar kebermanfaatannya bisa terus dirasakan untuk membantu umat dalam mengatasi situasi yang sulit, memperkuat solidaritas sesama dan menolong yang mengalami kesulitan.

Selain Gubernur Sumbar, sebelas penerima anugerah lainnya adalah Gubernur Aceh, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jawa Tengah, Riau, dan Kalimantan Timur. Khusus untuk Sumbar, selain gubernur, penghargaan kategori Bupati pendukung gerwkan zakat, juga diterima oleh Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur. (mmc/kmf)

 
Top