Faktual dan Berintegritas



PADANG, SWAPENA -- GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia  yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial, kembali mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19 dengan mendonasikan konsentrator oksigen. Melalui kolaborasi dan gotong royong, konsentrator oksigen akan disalurkan secara bertahap ke berbagai rumah sakit, maupun fasilitas kesehatan (faskes) untuk memenuhi kebutuhan pasokan oksigen.

Konsentrator oksigen sendiri adalah perangkat untuk menghilangkan kandungan nitrogen yang ada di udara sehingga menghasilkan oksigen murni hingga 96%.

GoTo, melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa, organisasi nirlaba pembawa perubahan yang merupakan bagian dari GoTo, menyerahkan 15 unit konsentrator oksigen bagi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat pada 19 Januari 2022 yang diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Arry Yuswandi SKM, MKM.

Pada tahap sebelumnya, GoTo telah menyerahkan juga unit konsentrator oksigen kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), yang dilanjutkan dengan penyerahan ke Pemprov Jabar, Pemkot Yogyakarta, Pemkab Bantul, Sleman dan Kulon Progo, Pemkot Surabaya, Pemkab Sidoarjo, Pemkot Malang, Pemprov Bali, Pemprov NTB, Pemprov Sumatera Utara, Pemkot Medan, Pemprov Sumatera Selatan, dan Pemkot Palembang.

Penyerahan bantuan ini merupakan bagian dari semangat gerakan #BangkitBersama, yang diinisiasi oleh GoTo, sebuah gerakan yang bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia dalam penanganan Covid-19 melalui ekosistem GoTo, dan mendukung masyarakat, termasuk UMKM dan Pekerja Sektor Informal, untuk dapat bangkit kembali seusai pandemi Covid-19, sekaligus membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal.

Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Arry Yuswandi mengatakan, donasi dari GoTo Indonesia merupakan donasi oksigen konsentrator pertama, untuk Dinas Kesehatan Sumbar di 2022. Donasi ini akan sangat membantu dalam menangani pandemi pada saat ini dan juga bisa meningkatkan kualitas layanan rumah sakit di Sumbar.

"Disamping itu, saya berharap pandemi ini nanti akan turun dan berubah menjadi endemi, sehingga tingkat ekonomi menguat dengan bergeraknya kembali roda perekonomian dan UKM,” katanya dalam siaran pers, Kamis (20/1).

Sementara Chief Public Policy and Government Relations, GoTo, Shinto Nugroho menyampaikan, penanganan Covid-19 membutuhkan semangat gotong royong yang telah menjadi jati diri bangsa Indonesia. Ia berharap dukungan GoTo dapat meringankan upaya Pemerintah dalam menanggulangi Covid-19.

"Donasi konsentrator oksigen ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kami sejak awal pandemi, terhadap kesiapan dalam penanganan Covid-19 melalui pendekatan yang sistematis dalam mendukung Pemerintah, tenaga medis, mitra, dan karyawan,” katanya.

Shinto menambahkan, konsentrator oksigen merupakan salah satu dukungan dalam aspek perawatan (treatment), setelah sebelumnya meluncurkan "Rumah Oksigen Gotong Royong” yang menyuplai oksigen bagi warga terpapar Covid-19 dengan gejala ringan.

Upaya gotong royong GoTo lainnya dalam gerakan #BangkitBersama adalah mendirikan Rumah Oksigen Gotong Royong pertama dibangun di Pulogadung, Jakarta Timur, yang merupakan inisiasi dari GoTo, KADIN Indonesia, PT Aneka Gas Industri Tbk (Samator Group), Master Steel, dan Tripatra Engineers and Constructors, Halodoc beserta  Yayasan Anak Bangsa Bisa. Fasilitas ini memiliki 500 tempat tidur perawatan, dan masing-masing tempat tidur perawatan mendapat akses oksigen yang langsung disuplai melalui pipa dari  PT Aneka Gas Industri.  (rls) 

 
Top