Faktual dan Berintegritas


PADANG, SWAPENA -- Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Rico Fernanda mengajak masyarakat ikut berperan aktif menjaga Kamtibmas di wilayah masing-masing. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Rakorbang Kelurahan Kampung Jao Kecamatan Padang Barat di Hotel Daima, Selasa (11/1).

Menurut Kasat, menjaga Kamtibmas merupakan tugas dan tanggung jawab bersama, seluruh komponen masyarakat bersama aparat kepolisian saling mengisi dan menunjang agar tercipta suasana aman, nyaman dan tentram.

"Jika Kamtibmas terjaga, masyarakat akan nyaman untuk beraktifitas, maka apapun program pembangunan di wilayah tersebut akan dapat berjalan dengan lancar," ujarnya.

Ia meminta jika masyarakat mengetahui dan memiliki informasi terkait adanya aktifitas yang mengganggu Kamtibmas agar melaporkan kepada Babinkamtibmas di wilayah tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Lurah Kampung Jao Teddy Kurniawan menjelaskan, sebagai kelurahan yang menjadi pusat perekonomian Kota Padang, dengan adanya Pasar Raya Padang di wilayah tersebut, Kelurahan Kampung Jao tentu rawan terhadap gangguan Kamtibmas. "Melalui kegiatan Rakorbang ini kita ingin mendengar usulan-usulan dari masyarakat, terkait pembangunan wilayah maupun permasalahan termasuk jika adanya indikasi gangguan Kamtibmas," ujarnya.

Dalam Rakorbang kali ini berhasil dihimpun 40 usulan dari 8 RW yang nantinya akan dikerucutkan menjadi usulan-usulan prioritas yang akan dijadikan sebagai usulan kelurahan di tingkat Kecamatan.

"Mayoritas usulan masih terkait perbaikan sarana dan prasaran fisik dalam mengatasi masalah banjir, seperti pengerukan sedimen, pembuatan riol ditambah betonisasi jalan serta penambahan penerangan jalan," imbuhnya.

Sementara Sekretaris Kecamatan Padang Barat Hanurawan saat membuka kegiatan Rakorbang meminta RT/RW untuk terus meningkatkan capaian vaksinasi terhadap warganya.

"Menurut data BPS, capaian vaksinasi di Kecamatan Padang Barat sudah mencapai angka 86 persen, namun kita harus kejar 14 persen sasaran yang belum divaksin, terutama vaksin untuk Lansia," tutupnya. (mc/pdg)

 
Top