Faktual dan Berintegritas


JAKARTA, SWAPENA -- Kasus penularan virus Corona (Covid-19) varian Omicron terus mengalami peningkatan dan menyebar ke berbagai daerah. Awalnya kasus tersebut dijumpai di Jakarta, sekarang sudah terdeteksi di 7 daerah di Indonesia, salah satu di antaranya dekat dengan Sumatera Barat

Tujuh daerah yang telah terdeteksi kasus Omicron itu adalah Jakarta, Tangerang Selatan, Bogor, Bandung, Malang,  Medan, dan Surabaya. Medan adalah pusat pemerintahan Provinsi Sumatera Barat yang berbatasan dengan Sumatera Barat

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut DKI Jakarta sebagai medan perang pertama dalam menghadapi Covid-19 varian Omicron. Ia mengatakan wilayah DKI Jakarta harus dipersiapkan secara khusus.

"Kita memang harus mempersiapkan khusus DKI Jakarta sebagai medan perang pertama menghadapi Omicron," ujar Budi dalam jumpa pers virtual, Minggu (16/1).

Budi mengatakan pemerintah harus memastikan bahwa DKI Jakarta bisa memerangi Omicron. Dia mengungkapkan sebagian besar kasus transmisi lokal terjadi di Jakarta.

"Kami sampaikan bahwa sebagian besar, lebih dari 90% transmisi memang transmisi lokal, itu terjadi di DKI Jakarta," tuturnya dikutip detikcom. (*)

 
Top