Faktual dan Berintegritas



PADANG, SWAPENA -- Paguyuban lintas komunitas penggemar otomotif   Alto Mania Sumatera Barat  menyelenggarakan peringatan ulang tahun atau anniversary  pertama. Kegiatan selama dua hari 4-5 Juni itu dilangsungkan di lereng Green View Tanjung Alai, Kabupaten Solok.

Kegiatan ini juga didukung oleh Waliagari, Ketua KAN dan pemuka masyarakat setempat. Kegiatan berlansung sangat meriah dengan menjejal lintasan di seputar Talago Lasuang dan disaksikan oleh masyarakat setempat yang kebetulan juga sedang melakukan kegiatan pulang basamo. Selain itu, kegiatan dimeriahkan dengan hiburan gratis kepada masyarakat. 

Di akhir kegiatan dilaksanakan pemberian sertifikat kepada peserta yang hadir dalam kegiatan anniversary serta pemberian hadiah-hadiah menarik bagi peserta yang kendaraannya paling banyak bergelimang lumpur akibat menjejal lintasan.

Ketua paguyuban Alto Mania Sumbar, Feri Fren dalam laporannya mengatakan,  berbagai jenis kendaraan yang berkumpul dalam wadah itu antara lain: Jimny,  Kijang, Nissan Terano, Taft, Landcruiser, Blazer, Fortuner, Pajero Sport, Taruna, Panther, Troper dan lain sebagainya. Paguyuban ini tidak memiliki Anggaran Dasar (AD), Anggaran Rumah Tangga, dan tidak ada iyuran wajib yang dipungut setiap bulannya. Paguyuban ini hanya dibuat untuk memperbanyak saudara dan dunsanak lintas komunitas. "Dengan memiliki banyak saudara kita yang tersebar di mana-mana akan membuat hidup ini terasa lebih indah dan nyaman," katanya.

Alto Mania Sumbar mengadakan pertemuan setiap tiga bulan sekali dengan tempat yang selalu berbeda. Pertemuan sekali tiga bulanan yang ditrendkan dengan istilah kopdar sudah berlangsumg di tiga tempat yakni di Sijunjung, Bukittinggi dan Paliko (Payakumbuh Lima Puluh Kota). Ciri khas lain dari Alto Mania Sumbar disamping bertemu ramah dengan sesama anggota juga diadakan penjelajahan jalur yang lumayan ekstrim yang bisa dilalui untuk jenis kendaraan roda empat tipe 4x2, untuk evakuasinya didukung oleh jenis kendaraan 4x4. Disamping itu juga diadakan perlombaan untuk anak-anak anggota, pokoknya disetting semeriah mungkin. Mengenai hadiah dan biaya kegiatan berasal dari sumbangan sukarela anggota dan badoncek mengumpulkan dana. Kepengurusan selama satu tahun di ketuai oleh Feri Fren, Adek sebagai sekretaris dan Wildi inyiak sebagai bendahara.

Paguyuban ini mulai berdiri pada Mei 2021 merupakan kumpulan penggemar otomotif dari berbagai macam merek dan jenis kendaran roda empat. Kesamaan hobi diwujudkan dalam bentuk modifikasi mobil seperti meninggikan mobil (body lift), mempergunakan ban besar dan aksesories pendukung lainnya sehingga membuat tampilan mobil terlihat sangar dan jantan. Paguyuban ini tumbuh pesat dan berkembang sangat cepat di Sumatera Barat. Dalam usia yang baru satu tahun telah memiliki keanggotaan sebanyak 121 orang.

Pengurus Alto mania Sumbar mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan Alto Mania Sumbar baik secara moril maupun materil, sedmoga menjadi ibadah. Sampai jumpa di kegiatan kita yang berikutnya pada bulan September 2022 di daerah Solok Selatan. (ff)

 
Top