Faktual dan Berintegritas


GUGUK -- Diduga akibat truk lepas pedal rem, mengakibatkan terjadi kecelakaan beruntun yang melibatkan 5 kendaraan di pendakian jalan Solok-Padang. Tepatnya di Jorong Pasar Usang, Nagari Koto Gadang Guguk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Minggu (13/8) sekitar pukul 19.30 WIB.

Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kecelakaan itu, namun sejumlah kendaraan mengalami kerusakan fatal dengan jumlah kerugian ditaksir mencapai Rp 80 juta.

Kapolres Solok melalui Kasatlantas AKP  Dian Jumes Putra, SH, MH menjelaskan, ihwal terjadinya kecelakaan beruntun di kawasan rawan kecelakaan itu, bermula dari mobil truk Nissan BA 8764 QY yang dikemudikan  Afrizal (43), datang dari arah Solok menuju Padang. Dalam suasana cuaca gerimis, setiba di lokasi dengan kondisi jalan  tanjakan, truk yang dikemudikan warga Kampung Panjang  Kampar, Riau itu,  diduga mengalami lepas pedal rem pada saat mundur karena tidak kuat mendaki, sehingga rem tidak berfungsi secara baik.

Begitu mundur secara mendadak, truk tersebut menabrak truk Nissan lain BA 9902 YU yang berada di belakangnya. Truk yang dikemudikan Sandra (40), warga Indarung Kota Padang itu menjadi terseret ke belakang, hingga menabrak pula mobil Xenia BA 1725 PL dengan pengendara Elvis Herlindo (46) warga Lubuk Begalung Kota Padang.

Lantaran ikut terseret,  mobil Xenia BA 1725 PL juga menabrak mobil Toyota Avanza BA 1201 HN dikemudian Samuel (53) beralamat di Nagari Salimpek, Kecamatan Lembah Gumanti, Solok, hingga menyebabkan mundur. Kemudian Toyota Avanza ini menabrak lagi sebuah mobil Toyota Kijang Pick Up BA 8667 HG dikemudikan Hidayatul Rizky (28), warga Batang Barus, GunungTalang, dan terakhir  menabrak pula mobil Nissan Grand Livina BA 1580 QB yang dikemudikan Debi Putra (38), beralamat di Lubuk Begalung, Kota Padang.

“Kelima kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun ini datang dari arah yang sama menuju Kota Padang. Semua kendaraan yang terlibat mengalami kerusakan dan  sudah diamankan unit Gakkum Sat Lantas Polres Solok,” kata AKP Dian Jumes Putra.

Ditambahkan Kasatlantas, kecelakaan beruntun terjadi karena  sebelumnya diduga terjadi iring-iringin dari arah Solok menuju Kota Padang. Karena mobil yang berada di depan adalah truk Nissan BA 8764 QY yang  ditengarai tidak kuat mendaki, sehingga mundur dan secara bersamaan pedal rem truk tersebut juga tidak berfungsi, sehingga  lepas kendali dan merembet ke mobil lain yang berada di belakang.

Melihat kondisi itu, Kasat Lantas Dian mengingatkan, bagi pengendara yang melintasi jalur Solok-Padang, apalagi ketika hujan gerimis agar meningatkan kehati-hatian dan selalu  jaga jarak aman. (wd)

 
Top