PADANG - Dalam dua hari terakhir, dua kali wilayah Sumatera diguncang gempa. Magnitudo keduanya cukup besar dan membuat masyarakat berhamburan.
Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa pertama berpusat di Nias, Sumatera Utara, tepatnya 31 Km barat daya Nias Barat, terjadi pada Sabtu (29/12) pukul 15.15.23. Kekuatan gempa pada 5,2 SR dengan kedalaman 22 Km. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.
Sementara gempa kedua berpusat di 42 Km timur laut Lebong, Bengkulu dengan kekuatan 5,7 SR terjadi Minggu (30/12) sekitar pukul 15.39.11 dengan kedalaman 192 Km. Gempa yang terasa hingga Kota Padang, Sumatera Barat tersebut juga tidak berpotensi tsunami.
Khusus gempa tadi sore membuat masyarakat berhamburan keluar rumah dan tempat-tempat aktivitas lainnya. Di Kota Padang, masyarakat yang tengah berbelanja pada sejumlah pusat perbelanjaan berlarian keluar untuk menyelamatkan diri.
"Saya sudah trauma dengan gempa," komentar seorang pengunjung salah satu pusat perbelanjaan yang mengaku bernama Cindy. (P)
 
Top