SIJUNJUNG - Percaya atau tidak, keindahan panorama alam benar-benar menyebar di semua kabupaten/kota di Sumatera Barat. Salah satunya, terdapat di Kabupaten Sijunjung, yakni objek wisata Nagari Silokek, Kecamatan Sijunjung.
Objek wisata ini memiliki potensi ekonomi, ditetapkan sebagai kawasan  Geopark Nasional (taman bumi) oleh Komite Nasional Geopark Indonesia.
Awalnya, Geopark Silokek diresmikan oleh Bupati Sijunjung pada 8 Februari 2018 lalu, sebagai salah satu dari 9 Geopark Sumatera Barat.
Beberapa hari lalu,  sertifikat Geopark Nasional diserahkan  oleh Menteri Pariwisata, Arief  Yahya kepada Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin di Museum Tambang Antam, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawab Barat.
Dengan ditetapkannya sebagai kawasan  Geopark Nasional  oleh Komite Nasional Geopark  Indonesia tentu ada harapan objek ini kian menjadi primadona bagi para wisatawan, baik  domestik maupun mancanegara. Ujung dari semuanya jelas peningkatan perekonomian masyarakat setempat.
Ke depan bupati berharap, objek wisata Silokek menjadi bagian dari Geopark Unesco Global Geopark (UGG). Untuk mewujudkan harapan itu, dukungan semua pihak sangat diperlukan, karena banyak persyaratan yang harus dipenuhi.
Untuk sekadar informasi, di Silokek terdapat objek wisata air terjun, pasir putih, sungai dan sejumlah ngalau, baik yang  vertikal mau pun horizontal dengan keindahan stalagnit dan stalaktit di sekelilingnya. Untuk  memenuhi harapan Pemkab dan masyarakat Sijunjung tersebut diperlukan komitmen para pegiat wisata dan para biro untuk bisa mempromosikan objek tersebut kepada wisatawan. (N)
 
Top