PADANG - Bencana tsunami yang menimpa masyarakat di kawasan pesisir Banten dan Lampung mengetuk kepedulian Pemerintah Sumatera Barat. Melalui sebuah aksi peduli, berhasil terkumpul ratusan kilogram randang.
Aksi bermula dari grup whatsapp para pimpinan SKPD  yang diinisiasi  Gubernur Irwan Prayitno. Dalam waktu sekitar satu jam lebih terkumpul lebih dari 700 Kg randang.
Koordinator pengumpulan randang tersebut, Wakil Gubernur Nasrul Abit menyebutkan inisiatif itu langsung dari Gubernur Irwan. "Pak Gubernur mengetuk hati kita semua, kiranya kita turut merasakan duka saudara-saudara kita di Banten dan Lampung. Ia berharap, ada gerakan kemanusiaan dari kita semua untuk itu, salah satunya adalah kembali melakukan penggalangan pengumpulan randang. Yang pertama kali kita imbau adalah para kepala SKPD yang ada di Sumbar. Mudah-mudahan setelah itu, masyarakat sumbar baik yang ada di ranah atau di rantau, juga tergugah untuk membantu saudara-saudara kita di Banten dan Lampung tersebut” ungkap Nasrul Abit, Selasa (25/12).
Karena itu, kemarin sore langsung dilakukan penggalangan pengumpulan randang tersebut. Hingga menjelang magrib terkumpul 700 Kg dari sekitar 30 SKPD. "Kita yakin jumlah ini akan terus bertambah, karena masih ada sekitar 20 SKPD lagi," kata Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar, Jasman dalam siaran persnya, kemarin.
Sebelum ini, saat gempa dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah, Pemprov Sumbar juga membantu randang dan diantar langsung Wagub Nasrul Abit. (P)
 
Top