Faktual dan Berintegritas


PADANG, SWAPENA -- Selain mengunjungi Desa Wisata Apar, Kota  Pariaman dan Museum Buya Hamka di Nagari Sungai Batang, Kabupaten Agam, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy juga mendatangi Jorong Sungai Dadok, Nagari Koto Tinggi, Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa (4/1).

Wagub langsung menuju Kampung Wisata Sarugo yang pada akhir 2021 lalu berhasil meraih peringkat 4 Desa Wisata Terbaik pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, kategori homestay, dan juara 2 Desa Adat Terpopuler Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020. 

Sarugo merupakan akronim dari Saribu Gonjong. Didampingi Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo, Audy Joinaldy mengunjungi beberapa titik objek wisata yang terdapat di Kampung Wisata Sarugo tersebut, sekaligus memberikan saran yang kepada pengurus Pokdarwis yang juga turut mendampingi dan menjelaskan potensi wisata yang dimiliki Kampung Wisata Sarugo. 

"Jarak 4,5 jam perjalanan dari ibukota provinsi tentu bukan waktu yang singkat, tapi objek wisata di sini cukup banyak, artinya ada potensi jarak yang panjang itu bisa terbayar ketika sampai di Kampung Wisata Sarugo. Jadi Pokdarwis harus membuat gebrakan besar, terutama dalam aspek pemenuhan kebutuan wisatawan," terang Audy. 

Selain itu Audy juga menyorot potensi penggunaan media digital dan sosial dalam menjual potensi pariwisata Kampung Wisata Sarugo.  "Pokdarwis juga coba pelajari dan optimalkan penggunaan media sosial dan digital dalam promosi dan pemasaran potensi wisata yang kita miliki di sini. Karena saya yakin, masih banyak wisatawan yang menyukai nilai-nilai lokal Sumatera Barat, terutama wisatawan mancanegara yang belum mendapat informasi yang optimal tentang keberadaan Kampung Wisata Sarugo," tambahnya lagi. 

Sejalan dengan apa yang disampaikan Wagub Audy, Sekretaris Pokdarwis Kampung Wisata Sarugo, Taufik Nofriandi, juga menyampaikan masih membutuhkan beberapa pengembangan lagi untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada para wisatawan. 

"Selain pembangunan sarana fisik, seperti gerbang dan menara pantau, kami juga tengah berupaya melengkapi kebutuhan matras untuk setiap home stay yang ada di Kampung Wisata Sarugo," terangnya. 

Sementara itu Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo mengapresiasi atas kepedulian Wagub Sumbar akan pelaku pariwisata di Sumbar, khususnya di Kabupaten Limapuluh Kota. 

"Mewakili masyarakat Limapuluh Kota, saya mengucapkan terima kasih atas atensi dari Pak Wagub akan dunia kepariwisataan kami. Alhamdulillah beliau juga bersedia memberikan kisi-kisi, agar pariwisata Limapuluh Kota bisa lebih berkembang lagi. Dukungan dari provinsi ini jelas akan menjadi daya dorong yang luar biasa bagi kami di Kabupaten Limapuluh Kota," tutupnya. (kmf)

 
Top