Faktual dan Berintegritas

Basrizal Dt. Pangulu Basa

PADANG, SWAPENA -- Karya seni-budaya anak Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan bakal ditampilkan dalam iven Galundi Singkarak Festival (GSF).

Iven sebagai apresiasi dari proses krearif karya anak Nagari Batu Taba dengan latar kultur dan masyarakatnya.

Pada pers, Selasa (18/10), Ketua KAN Batu Taba Basrizal Dt. Pangulu Basa mengatakan GSF akan dihelat pada 29-30 Oktober di kawasan Galundi pinggiran Danau Singkarak yang indah itu. “Ada banyak atraksi seni budaya akan diperagakan sebagai hasil proses kreatif seniman tradisi, seperti pacu biduak, silek tuo langkah ampek, peragaan batik galundi di atas air, maarak talam, makan bajamba, dan lain-lain,” kata Basrizal.

Sebelumnya, lanjutnya, iven perdana telah dimulai pada 2019, merupakan festival rakyat anak Nagari Batu Taba dengan mengkolaborasikan, mempertemukan, dan menyatukan berbagai aktivitas kreasi seni budaya Minangkabau dengan hasil olahan pertanian, perkebunan, dan perikanan dalam satu peristiwa bersama.

Ia berharap GSF bakal menjadi ruang pertemuan, ruang silaturahmi bagi siapapun, atau anak Nagari Batu Taba yang mengeksplorasi karya seni budayanya, tanpa meminta bantuan dana dari pihak luar.

Apapun potensi yang dimiliki Nagari Batu Taba, seperti keindahan alamnya, hasil olahan alamnya berupa pertanian, perkebunan, dan perikanan. Termasuk potensi seni budaya, aktifitas sosial masyarakat, benda bersejarah dimiliki nagari. Demikian dari topsatu.com. (ydi)

 
Top