Faktual dan Berintegritas

 


PADANG, SWAPENA -- Komunitas Pecinta Masjid Raya Sumbar membagikan 1.500 paket makanan kepada jemaah Masjid Raya Sumbar, Jumat (21/10). Pembagian paket makanan merupakan program Aksi Jumat Berkah yang telah diselenggarakan dua kali di dua minggu pada bulan ini.

"Aksi Jumat Berkah ini tujuannya untuk memakmurkan masjid dan memuliakan tamu Allah atau jemaah. Ini kita gagas seminggu lalu dan ini kali kedua, dan kali pertama progres untuk kali kedua," kata pengurus Komunitas Pecinta Masjid Raya Sumbar, Teuku Muhammad Dewan.

Teuku mengatakan, memang banyak jamaah yang hadir sekitar 3.500 dan pihaknya baru sanggup sekitar 1.000 jamaah yang dilayani melalui aksi Jumat Berkah ini. "Kita perlu donatur dan masyarakat yang berbuat baik untuk bisa berdonasi di komunitas pecinta Masjid Raya Sumbar," ujar Teuku.

Dikatakan, pihaknya mendorong kegiatan ini oleh pemuda dan remaja supaya juga mendidik mereka untuk aktif di masalah sosial dan keagamaan. "Kita berharap nantinya setelah ini menjadi program reguler di Nazir Wakaf dan komunitas Pecinta Masjid Raya setiap Salat Jumat, dan kita juga ingin di waktu salat yang lain, seperti Subuh," katanya.

Pantauannya, jemaah Masjid Raya Sumbar ini banyak musafir, banyak yang datang dari luar. Masjid Raya Sumbar ini etalasenya Sumbar.

"Jadi kalau kita berbuat baik pada jemaah, mungkin ada cerita yang bisa mereka bawa pulang, kalau salat di Masjid Raya Sumbar, aman, nyaman dan di sana ada makanan. Konsep ini mengaktifkan delapan dari fungsi masjid, salah satunya tempat sosial," kata Teuku yang juga Penggagas Komunitas Pecinta Masjid Raya Sumbar.

Saat ini baru ada puluhan donatur yang tergabung dalam program Aksi Jumat berkah ini, dirinya berharap para donatur bisa bergabung‎ pada program ini dengan mendatangi kantor Nazir Wakaf Sumbar. "Donasi bisa berupa uang dan barang, seperti makanan dan buah," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Aksi Jumat Berkah Komunitas Pecinta Masjid Raya Sumbar, Doni Agusra berharap ke depan, pihaknya bisa melayani seluruh jemaah Masjid Raya Sumbar.

"Kalau sekarang kita sudah bisa melayani 1.000 an jamaah, kedepan kita bisa melayani seluruh jemaah yang ada di sini. Tidak hanya untuk salat Jumat saja, kita berharap bisa melakukan program di waktu salat lainnya," kata Doni. (do)

 
Top