Faktual dan Berintegritas


BERLIBUR adalah salah satu kebutuhan manusia setelah kebutuhan pokok. Sebab, dalam keseharian dari pagi sampai sore bahkan hingga malam manusia dihadapkan pada rutinitas yang terkadang menjemukan dan bikin stress.

Karena itu, tidaklah mengherankan jika setiap akhir minggu orang-orang mencari tempat berlibur. Kebanyakan memanfaatkan liburan ke luar kota, sekadar mencari udara segar.

Sayangnya tidak semua destinasi menjanjikan refresh, lantaran tidak sesuai ekspektasi. Banyak objek rekreasi yang monoton dan tanpa hiburan sama sekali. Apa yang dilihat hari ini adalah yang dijumpai tahun lalu atau bahkan puluhan tahun lalu juga.

Tidak ada pengembangan, kemajuan msupun inovasi. Begitulah kira-kira kebanyakan objek wisata, khususnya di Sumatera Barat.

Tapi tidak demikian dengan objek wisata yang satu ini. Hanya dalam satu atau dua tahun terahir, kemajuannya sangat pesat. Bahkan objek ini menjadi destinasi wisata terlengkap di Sumatera.

Objek itu bernama Alinia Farm & Park (AFP). Kawasan ini terletak di Nagari Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, tepatnya Jalan Tepian Irigasi Lawai.


Mengusung konsep sebagai objek wisata keluarga dan edukasi terlengkap dan terunik di Pulau Sumatera, Alinia Farm & Park memiliki banyak wahana hiburan dan edukasi. Setidaknya, ada 35 wahana yang tersedia, antara lain, waterpark, playground indoor, berkuda, flying fox, motor ATV, kebun durian montong, rakit wisata, bombom car, restoran, cafe terapung, camping ground, rumah pohon dan lain-lain. Bagi institusi atau grup bisa pula melaksanakan rapat atau pertemuan hingga pesta di lokasi ini, karena tersedia meeting room dan convention hall. 

Sedangkan bagi pecinta olahraga seperti bola voli, panahan dan lainnya bisa pula di tempat ini. Apalagi yang hobby mancing pun bisa tersalurkan di AFP ini. Pokoknya terlengkap, tiada duanya tersedia pada kawasan seluas 4 hektare ini. 

"Pengunjung yang mau nginap, telah tersedia home stay. Jadi pengunjung tidak saja bisa menikmati siang dengan udara nan perawan, tapi juga menikmati malam di sini. Kita pun sediakan live music," kata Owner AFP,  Drs. H. Marlis, MM kepada swapena.com.

AFP memang tidak main-main dalam menyediakan sarana rekreasi dan edukasi di daerah ini. Berbagai kerja sama dijalin oleh pengelola dengan sejumlah pibak, antara lain dengan pemerintah daerah, BUMN, Asosiasi Perjalanan Wisata dan lain sebagainya. 

Nah, tunggu apa lagi, mari menghabiskan liburan dan akhir pekan di Alinia Farm & Park. Di sini tak cuma bisa refreshing, tapi juga menambah ilmu dan pengetahuan. (Sawir Pribadi)


 
Top