Faktual dan Berintegritas



PAYAKUMBUH, SWAPENA --  Terus tingkatkan peran dalam aspek lingkungan dan pengembangan ekonomi masyarakat, PT PLN (Persero) mendukung perbaikan lingkungan untuk masyarakat di Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat. 

Hadirnya PLN melalui Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat kali ini adalah melalui pembangunan jalan di dua lokasi untuk akselerasi mobilitas masyarakat setempat. Lokasi pertama adalah Nagari Situjuah Batua Jorong Tepi dimana PLN hadir dalam pembangunan kontruksi rabat beton sepanjang 2000 meter untuk jalan usaha tani di lokasi ini. Pembangunan jalan berupa rabat beton diperkirakan akan membantu produktivitas sekitar 400 petani dan warga sekitar.

Selanjutnya lokasi kedua berada di Jorong Atas Nagari Situjuah Ladang Laweh, PLN melanjutkan pembangunan jalan berupa rabat beton di lokasi untuk kebermanfaatan 75 kepala keluarga yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani.

Simbolis penyerahan TJSL PLN berlangsung Selasa (20/12) di Aula Luak Nan Bungsu PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Payakumbuh. Disampaikan Senior Manager Keuangan, Komunikasi, dan Umum PLN UID Sumatera Barat Cipto Adi Sumartono, TJSL PLN untuk pembangunan jalan senilai Rp150 Juta adalah untuk menyokong perekonomian masyarakat setempat. Adapun peneriman manfaat adalah Kelompok Tani Samo Yakin dan Kelompok Tani Sarumpun Kulik Manih.

Cipto lantas mengapresiasi inisiasi pengurus Kelompok Tani Samo Yakin dan Kelompok Tani Sarumpun Kulik Manih untuk terealisasinya pembangunan jalan di kawasan usaha tani mereka. "Kehadiran PLN disini diharapkan dapat menumbuhkan optimisme dan motivasi untuk semakin bertumbuh kembang bagi kemaslihatan masyarakat sekitar, mengingat jalan adalah penopan utama untuk mobilitas masyarakat," sebut Cipto kemudian.

Jalan baru berkontruksi rabat beton ke kawasan usaha tani ini ditargetkan akan membuat masyarakat sekitar semakin produktif serta mengurangi biaya operasional yang sebelumnya dikeluarkan karena akses jalan yang rumit. Selain itu dengan perbaikan jalan maka akan membantu kemudahan komunikasi,  memperlancar akses sarana dan prasarana pertanian. Selanjutnya pun membantu mobilisasi hasil tani sehingga lebih cepat untuk proses jual beli. "Sehingga akhirnya, berdampak pada meningkatnya perekonomian petani dan masyarakat setempat," sebut Cipto.

Cipto pun menyebut PLN sangat bangga dapat memberi sumbangsih dalam perbaikan lingkungan apalagi yang berdampak langsung pada peningkatan ekonomi masyarakat. 

‘’Selanjutnya, mari bersama-sama kita rawat dan jaga jalan ini agar bermanfaat optimal. Sehingga masyarakat tetap terbantu, tetap sejahtera, lajur perekonomian berjalan dengan baik,’’ tandasnya. 

Sementara itu Asisten 3 Setda Kabupaten Limapuluh Kota Zuhdi Perama mengatakan, PLN adalah BUMN yang konsisten menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat Limapuluh Kota. 

"Belum lama saya bertemu dengan manajemen PLN dalam kegiatan TJSL, kali ini TJSL PLN kembali hadir, melalui pembangunan jalan kawasan pertanian. Semoga PLN konsisten hadir di tengah-tengah masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota, dan gencar juga mengembangkan bidang lain seperti pendidikan dan pengembangan UMKM," sebutnya kemudian.

Ia berpesan agar masyarakat sekitar lokasi pembangunan jalan bersama-sama merawat dan menjaga kelestarian jalan beton bantuan PLN. "Menerima bantuan tidak semudah merawatnya. Maka saya mengajak kita untuk berkomitmen menjaga demi kebermanfaafan yang lebih lama," ungkapnya kemudian.

Disampaikan Muhzari, Ketua Kelompok Tani Sarumpun Kulik Manih, akses jalan merupakan impian warga sekitar lokasi sejak lama dan akhirnya akan mulai terbangun dengan bantuan dari PLN. 

"Sudah sekian lama kami menunggu bantuan ini. Perbaikan jalan melalui tangan PLN sangat membantu memudahkan aktivitas masyarakat dan inshaallah berimplikasi positif juga terhadap perekonomian kami,'' lanjutnya.

Ia mewakili masyarakat menyampaikan apresiasi atas dukungan penuh dari PLN terhadap pengembangan daerah Situjuah Limo Nagari.

‘’Terima kasih PLN. Berkat PLN, jalan kami akhirnya diperbaiki dan segala aktivitas terasa lebih cepat. Langkah perbaikan ini merupakan dukungan besar terhadap perbaikan lingkungan dan memberikan dampak ekonomi bagi kami,’’ ungkapnya. (rls)

 
Top