Faktual dan Berintegritas


PADANG, SWAPENA -- Pemerintah Kota (Pemko), Padang menjadi tuan rumah peringatan Hari Disabilitas Internasional. Kegiatan ini merupakan sebuah motivasi untuk lebih memperhatikan dan memberdayakan kaum disabilitas.

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Hendri Septa di sela-sela sambutannya, kegiatan tersebut diselenggarakan di Gedung Bagindo Azis Chan, Senin (5/12). "Semoga kegiatan ini menjadi motivasi kepada kita semua untuk lebih memperhatikan dan memberdayakan saudara-saudara kita, dengan kita memperhatikan insyaallah akan diridhoi oleh Allah SWT," tuturnya.

Ia mengatakan Pemerintah Kota Padang sudah membuat beberapa fasilitas maupun infrastruktur seperti jalur pedestrian, rumah dinas walikota dan sebagainya untuk memudahkan akses penyandang disabilitas. "Di kota kini telah banyak fasilitas kepada saudara kita yang menyandang disabilitas untuk menikmati kawasan serta wisata yang ada di Kota Padang," kata Hendri Septa sembari memberi semangat kepada audien.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinsos Provinsi Sumbar serta jajarannya, Asisten l Pemko Padang, AdminKes Sumbar, Ketua TP-PKK Kota Padang, Kadis Sosial Pesel, Wakil Ketua Baznas, Polres Kota Padang, dan sebagainya.

Pemko Padang merencanakan tahun depan akan mengadakan kegiatan seperti perlombaan untuk mengasah semangat keluarga penyandang disabilitas sehingga mereka merasa sebagai bagian dari masyarakat lainnya.

"Banyak anak-anak kita ini memiliki kemampuan ada yang bisa main musik, menari, berpuisi, serta pendidikan," ujar dia.

Ditambahkannya, kebutuhan kaum disabilitas seperti aspek politik, kebudayaan, ekonomi, dan aspek ketenagakerjaan perlu diperhatikan. "Kita harus memperhatikan saudara kita ini seperti memberikan hak kepada keluarga penyandang disabilitas ini, di kota padang telah banyak memperdayakan saudara kita yang menyandang disabilitas," jelasnya.

Ia menekankan, tahun depan pemerintah akan memberikan wadah kepada komunitas tersebut. "Semoga kita terus memperhatikan komunitas disabilitas itu untuk selalu menampilkan dan terekspos apa yang dikerjakannya " kata dia. (kmf/pd)

 
Top