Faktual dan Berintegritas



PADANG, SWAPENA -- Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan kereta api wisata Mak Itam di Kota Sawahlunto, Selasa (20/12). Kereta api legendaris ini diketahui memiliki rute dari Sawahlunto ke Muara Kalaban, sejauh tujuh kilometer.

"Meresmikan kereta api Mak Itam yang kembali beroperasi di jalur Sawahlunto-Muara Kalaban. Bismillah, aset legendaris ini bisa mendorong perekonomian Sumbar melalui wista perkeretaapian," kata Erick.

Erick mengatakan, pada akhir Maret lalu, dirinya sudah melakukan pertemuan dengan sejumlah kepala daerah di Sumbar. Setelah pertemuan tersebut, pihaknya membentuk project Management office (PMO). 

Hasil PMO merekomendasikan untuk reaktivitasi jalur kereta api lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban, Sumbar, sebagai upaya pemulihan ekonomi Sumbar melalui sektor pariwisata.

"Ada empat perusahaan milik BUMN yang terlibat dalam proyek tersebut, antara lain, PT. Kereta Api Indonesia (persero), PT. Bio Farma (persero), PT. Pupuk Indonesia (persero) dan PT. Semen Indonesia (persero) Tbk (SIG)," ujar Erick.

Dikatakan, setelah diresmikan kereta api wisata ini, pihaknya meminta pemerintah daerah memilihara supaya kereta api legendaris itu tetap eksis menunjang pariwisata Sawahlunto dan Sumbar.

"Kepada pemda yang akan mengelola kereta wisata Mak Itam supaya mencarikan pasar yang tepat. Supaya KA tersebut dapat memberikan keuntungan buat daerah.‎ Kalau mau buat sesuatu, pasarnya juga dicarikan. Ciptakan ekosistem pariwisata di masing-masing daerah," katanya. (do)


 
Top