Faktual dan Berintegritas


LUBUK BASUNG - Warga Taratak Geragahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat dihebohkan keberadaan ayam seperti memiliki empat kaki. Ternak ini merupakan ayam potong pada salah satu usaha ayam broiler masyarakat setempat.

Pengelola ternak ayam broiler itu, Del Yusman didampingi Sasdiwan, Rabu (4/12) menjelaskan, ayam broiler berkaki empat itu baru diketahui saat mengeluarkan dari kotak ke lokasi pembesaran beberapa waktu lalu. "Setelah diketahui ada bibit ayam yang memiliki kelainan fisik berupa kaki empat, dipisahkan dari ayam lainnya," katanya.

Diliat sepintas, ayam tersebut biasa saja, layaknya ayam kebanyakan, punya dua kaki yang kokoh. Namun di bagian ekor, persis dekat dubur ada dua kaki lagi menggantung. Inilah yang membikin heboh masyarakat.
Sekarang ayam tersebut sudah memasuki umur satu bulan lebih. Bagi pihak pemelihara ayam unik itu sengaja dipelihara dan dilepaskan di luar kandang pembesaran, sehingga bisa hidup dan berkembang tanpa ada gangguan dari yang lainnya.

Selain itu agar tidak terbawa saat pembeli datang ke lokasi peternakan. Pemilik tidak ingin menjual ayam yang satu itu, cukup dibiarkan hidup hingga kapan saja. (sd)
 
Top