Faktual dan Berintegritas

Kantor walinagari Lubuk Ulang Aling Tengah ikut terendam banjir. 

SOLSEL - Masyarakat yang jadi korban banjir pada tiga nagari di Lubuk Ulang Aling. Kecamatan Sangir Batang Hari, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat membutuhkan bantuan. Mereka sangat membutuhkan makanan, peralatan dapur dan kebutuhan lainnya.

Wakil Bupati Solok Selatan, H. Abdul Rahman, telah meninjau kondisi masyarakat tersebut, sekaligus memberikan bantuan kepada warga pada Sabtu (14/12). Dari sana diketahui bahwa saat ini warga yang terdampak bencana sangat membutuhkan uluran tangan berbagai pihak.

Sebagaimana diberitakan, tiga nagari di kawasan itu dilaporkan terendam banjir. Ketiganya adalah Nagari Lubuk Ulang Aling, Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan dan Nagari Lubuk Ulang Aling Tengah. Sedikitnya ada 219 rumah terendam di tiga nagari tersebut.

Parahnya, selain berada di darah sulit juga memiliki keterbatasan sarana transportasi darat. Satu-satunya yang menjadi alat transportasi masyarakat di daerah itu adalah perahu timpek, sementara saat ini sungai sangat besar dan deras.

Menurut Kabag Humas Pemkab. Solsel, Firdaus Firman, Minggu (15/12), rombongan Wakil Bupati H. Abdul Rahman, bersama dengan Kalaksa BPBD, Richi Amran, Basarnas dan Kadis Sosial itu harus memberanikan diri untuk menaiki perahu timpek melawan arus sungai yang masih deras pada Sabtu itu. Hal ini  dilakukan agar bisa mengetahui kondisi masyarakat di sana dan sekaligus mengantarkan bantuan ke Jorong Talantam Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan.

Data sementara tercatat sedikitnya 80 rumah di Jorong Talantam itu hanya dua buah rumah yang terhindar dari bencana banjir, selebihnya terendam air hingga atap rumah. Akibatnya masyarakat sangat membutuhkan bantuan sesegera mungkin.

“Masyarakat di sana sangat membutuhkan makanan dan peralatan kebutuhan lainnya. Pasalnya semua peralatan yang ada di dalam rumah mereka tidak bisa terselamatkan,” ucap Firdaus. (af)
 
Top